KPK Akhirnya Tahan Wali Kota Dumai

Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah akhirnya ditahan KPK.
Alamsyah - Nasional,Selasa, 17-11-2020 23:00 WIB
KPK Akhirnya Tahan Wali Kota Dumai
Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah

Jakarta, Nusantaratv.com - Tersangka suap dan gratifikasi Walikota Dumai Zulkifli Adnan Singkah akhirnya ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa, 17 November 2020.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, penahanan Zulkifli AS baru ditetapkan hari ini, setelah dilakukan penyelidikan sejak September 2020 lalu.

"Melakukan penahanan terhadap tersangka ZAS (Zulkifli Adnan Singkah) Walikota Dumai 2016-2021 dalam perkara pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun 2017 dan APBN 2018 yang penyelidikan dilakukan sejak September 2019," kata Alexander Marwata, dalam konferensi pers di hadapan awak media.

Zulkifli AS akan menjalani penahanan selama 20 hari kedepan di rutan KPK. Sebelumnya sejak pagi tadi Walikota Dumai Zulkifli AS diperiksa di gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Zulkifli AS ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap dan gratifikasi pada 3 Mei 2019. Zul AS diduga memberi suap Rp500 juta kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan terkait dengan pengurusan anggaran DAK APBN-P tahun 2017 dan APBN tahun 2018 Kota Dumai.

Yaya Purnomo merupakan mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Zulkifli juga menerima gratifikasi berupa uang Rp50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta. Gratifikasi tersebut diduga berhubungan dengan jabatan dia selaku Walikota Dumai yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya serta tidak dilaporkan ke KPK dalam waktu paling lambat 30 hari kerja.

Sumber: fixpekanbaru.pikiran-rakyat.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0