Kapolda Sumut Ungkap Ada Skenario Penjarahan Saat Demo UU Cipta Kerja

Beredar video di media sosial yang menampilkan sekelompok massa masuk ke salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Gatot Subroto...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Sabtu, 10-10-2020 18:21 WIB
Kapolda Sumut Ungkap Ada Skenario Penjarahan Saat Demo UU Cipta Kerja
Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin/ist

Medan, Nusantaratv.com-Kapolda Sumatera Utara, rjen Pol. Martuani Sormin mengungkap ada skenario penjarahan dalam kerusuhan yang terjadi saat demo menolak UU Cipta Kerja di Kota Medan, Kamis (8/10/2020) lalu.

Kerusuhan terjadi saat polisi berusaha memukul mundur para demonstran yang berunjuk rasa di depan Kantor DPRD Sumatera Utara sejak siang hingga sore hari.

Selain di depan Kantor DPRD Sumut, kerusuhan juga terjadi di beberapa lokasi. Bahkan pada malam hari beredar video di media sosial yang menampilkan sekelompok massa masuk ke salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Gatot Subroto Medan.

Baca juga: Demo Medan, Tiga Personel Polisi Terluka Pertokoan Dilempari Massa

"Tapi dari kesigapan anggota kita dibantu elemen masyarakat dan ‎TNI, penjarahan-penjarahan itu tidak terjadi," kata Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin, Sabtu (10/10).

Martuani menuturkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan penyidikan untuk mengungkapkan dalang di balik kerusahan dan aksi brutal itu. Aparat kepolisian sudah mengamankan 243 pendemo dan 24 ditetapkan sebagai tersangka.

"Dari aksi-aksi mereka, disusupi oleh kelompok tertentu dan diskenariokan akan terjadi penjarahan," terangnya.

Martuani menjelaskan akibat kerusuhan itu, sejumlah kendaraan dinas ikut menjadi sasaran seperti dilempari hingga dibakar.

"Ada beberapa mobil dinas kami terbakar, mobil dinas Pemprov Sumut satu unit digulingkan. Kita sudah berhasil menindak dan mengamankan dua orang. Kita akan melakukan pengembangan untuk melakukan pengungkapan lain untuk pembakaran mobil dinas," tukasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0