Jurus Maut Pemprov NTB Tepis Hoax

Sinergi dan Koordinasi menjadi jurus andalan Pemerintah Provinsi NTB tepis Hoax
Supriyanto - Nasional,Selasa, 17-11-2020 17:20 WIB
Jurus Maut Pemprov NTB Tepis Hoax
Wagub NTB, Hj. Siti Rohmi Djalilah

Nusantaratv.com, Mataram - Kemajuan teknologi telekomunikasi membuat masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Sayangnya informasi atau berita yang sampai ke masyarakat terkadang bukan berita benar alias berita hoax (bohong-red).

Berita hoax menjadi hal yang menakutkan, karena sulit untuk diberantas namun dampaknya dapat menghancurkan sendi-sendi kemapanan di masyarakat. Untuk itu masyarakat diminta bersatu dan bersinergi menghadapi berita yang belum jelas kebenarannya.

“Kita sama-sama melawan hoax dan bersinergi dengan sepuluh kabupaten dan kota di NTB. Kalau kita perhatikan hoax bukan masalah mudah. Betapa dengan hoax yang digencarkan gampang menghancurkan segala sesuatu. Tapi kalau kita bersatu dan bersinergi kita pasti bisa melawan hoax,” seru Ummi Rohmi panggilan akrab Wagub NTB,” kata Wagub NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah di Mataram, Senin (16/11).

Baca Juga: Reaktif Covid-19, Lurah Petamburan Dibawa ke RS Polri

Sinergi dan Koordinasi menjadi jurus andalan Pemerintah Provinsi NTB tepis Hoax. Menurut Wagub, segala bentuk informasi yang bersumber dari pemerintah harus dikemas dengan baik dan kreatif agar informasi ini dapat diserap dengan mudah oleh masyarakat. Informasi-informasi dimaksud seperti program unggulan NTB Gemilang, informasi tentang kebencanaan, hingga penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi covid-19.

Ini menjadi pekerjaan rumah bagi Badan Koordinasi (Bako) Humas dan Dinas Kominfo se-NTB. Bagaimana mengemas berita baik menjadi menarik di mata masyarakat. Dengan demikian berita baik tersebut dapat menangkal berita-berita yang tidak benar yang beredar di masyarakat, ujar Wagub menambahkan. 

“PR besar kita membuat berita baik jadi berita menarik. Bagaimana menggiring pikiran masyarakat menjadi positif. Masyarakat kita jadikan kekuatan besar untuk bersama kita menjemput kemajuan kemajuan,” jelas Wagub.

Karo Humas dan Protokol Setda NTB Najamuddin Amy, menjelaskan spirit atau semangat yang harus dimiliki Humas NTB dalam menjalankan tugas adalah, kolaborasi dan sinergi yang kuat antara Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Baca Juga: Flu Burung Muncul, Denmark Musnahkan Ribuan Ayam

“Tidak mungkin Humas pemerintah bisa bergerak sendiri, oleh karna itu harus ada satu visi bersama dengan seluruh pihak untuk membangun berita baik di NTB. “Jangan sampai kita lemah. Mari kita kokohkan sinergi dan kolaborasi,” ujarnya.

Dosen STT Nurul Fikri Jakarta Dr. Sapto Waluyo menyatakan, branding pemerintah bukan berarti sebuah pencitraan tapi kenyataan yang dikemas dengan kreatif dan menarik bagi masyarakat. Selain itu Sapto berharap dalam menjalankan programnya, pemerintah melibatkan masyarakat agar masyarakat terhindar dari berita-berita yang tidak benar.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0