Harimau Berkeliaran, Jalur Pendakian Gunung Sibayak Ditutup Sementara

Pihak Tahura belum berani untuk membuka kembali jalur tersebut karena belum adanya kepastian dari pihak yang berwenang.
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Kamis, 12-11-2020 18:45 WIB
Harimau Berkeliaran, Jalur Pendakian Gunung Sibayak Ditutup Sementara
Harimau Sumatera/ist

Kabupaten Karo, Nusantaratv.com-Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan langsung sigap menutup jalur pendakian Gunung Sibayak untuk sementara waktu, menyusul adanya kabar kemunculan seekor Harimau Sumatera.

Hingga kini penutupan jalur pendakian Gunung Sibayak yang terletak di Kabupaten Karo, Sumut sudah berlangsung hampir satu bulan. Langkah ini diambil untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan

Pihak Tahura belum berani untuk membuka kembali jalur tersebut karena belum adanya kepastian dari pihak yang berwenang.

Sementara tim gabungan dari Balai Besar Kelestarian Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah I Sumatera Utara bersama Wildlife Conservation Society (WCS) Medan, telah melakukan pengambilan kamera perangkap (camera trap) yang sebelumnya dipasang di kawasan tersebut.

Baca juga: Takut Debu, Stupa Borobudur Kini ‘Berbaju’

"Nantinya hasil dari kamera trap ini, akan diteliti terlebih dahulu oleh tim di Medan. Kita masih menunggu informasi dari BBKSDA seperti apa kepastiannya nanti," ujar Kepala UPT Pengelolaan Tahura Bukit Barisan Ir Ramlan Barus, Kamis (12/11/2020).

"Kita masih menunggu analisa dari tim, setelah nantinya kita sudah dapat analisa. Nanti akan kita umumkan kembali ke masyarakat dan komunitas pendaki, kapan jalur pendakian ke Gunung Sibayak bisa kembali dibuka seperti biasanya," imbuhnya.

Ramlan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan wisata pendakian ke Gunung Sibayak agar tidak melakukan perjalanan sendirian.

Ditambahkan, ke depan pihaknya akan menempatkan petugasnya untuk selalu melakukan pemantauan.


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0