Habib Lawan Negara, Ponpes Lirboyo Keluarkan Fatwa Tegas!

Banyak habib melakukan dakwa bernada provokatif saat ini.
Alamsyah - Nasional,Jumat, 20-11-2020 00:00 WIB
Habib Lawan Negara, Ponpes Lirboyo Keluarkan Fatwa Tegas!
KH. Athoillah Sholahuddin Anwar

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu pengasuh Pondok Pesantren tertua di Jawa Timur yakni Ponpes Lirboyo, KH. Athoillah Sholahuddin Anwar, mengimbau agar hati-hati menerima ceramah dan dakwah yang bernada provokatif.

Hal itu dia sampaikan melalui sebuah video di chanel YouTube KBN Nusantara berjudul 'Habib Melawan Negara ?? Pesantren Lirboyo Keluarkan Fatwa Tegass!. yang di upload pada Selasa 17 November 2020.

"Kepada para santri dan alumni pesantern Lirboyo dan masyrakat umum, harus lebih berhati-hati menerima ceramah dan dakwah dari tokoh masyarakat yang akhir-akhir ini cenderung provokotif," ujar KH. Athoillah Sholahuddin Anwar di video itu.

Athoillah menegaskan pula soal mereka yang berusaha berontak dari pemerintahan yang sudah resmi. Hal itu katanya tidak ada dalam ajaran Islam.

"Tidak ada rumus dalam ajaran kita untuk berontak pada pemerintah yang resmi. Jika ada Para habaib yang seperti itu bagaikan istri kita yang sedang haid, tetap kita cintai tapi jangan digauli," Kata KH. Athoillah Sholahuddin Anwar.

KH. Athoillah Sholahuddin Anwar juga menambahkan bahwa para Habaib harus dihormati, akan tetapi kita juga harus memiliki pegangan syariat agar dapat menilai apakah mereka pantas untuk diikuti atau tidak.

"Terkait dengan para tokoh masyrakat terutama hababib, harus tetap menghormati beliau, namun untuk mengikuti kepada beliau kita punya pegangan syariat, apabila tidak sesuai syariat kita tidak perlu mengikuti beliau,"Jelas Athoillah Sholahuddin Anwar

Ia juga mengibaratkan para ulama atau Habib yang memiliki perangai tidak sesuai Rasulullah SAW itu, seperti Al Qur'an yang rusak.

"Ada juga ulama sepuh yang mengibaratkan seperti Al Qur'an yang rusak, tidak bisa kita manfaatkan tapi juga tidak boleh kita injak, karena itu adalah mushaf Al Quran."

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0