Gerombolan Kera Turun Gunung, Sinyal Merapi Erupsi?

Musron Menyebut Jika Keliaran Monyet di Kampungnya Itu di Luar Kebiasaan.
Adiantoro - Nasional,Kamis, 19-11-2020 08:40 WIB
Gerombolan Kera Turun Gunung, Sinyal Merapi Erupsi?
Gerombolan kera bergelantungan di pohon warga. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gerombolan kera bergelantungan di pohon rumah warga di Dusun Gedangan, Desa Ngargosuko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (18/11/2020).

Kera-kera ini turun ke perkampungan warga yang berjarak sekitar 12 km dari puncak Gunung Merapi. Warga menyaksikan kera-kera itu makan buah di kebun, seperti jambu dan lainnya.

Keberadaan hewan primata tersebut menjadi tontonan warga. Sebagian besar dari warga ada yang merekam menggunakan perangkat seluler miliknya. Warga menduga, perilaku kera-kera ini di luar kewajaran. Sebab, kampung tersebut sangat jarang didatangi hewan-hewan tersebut.

Saya tadi lihat pukul 06.00, terus pukul 10.00 dan terakhir lihat pukul 11.00 WIB - cetus salah satu warga setempat, Musron, Rabu (18/11/2020), dilansir dari laman beritamagelang.id.

Sejak pagi hingga siang hari, dia melihat ada tiga kera ekor panjang (Macaca fascicularis) itu berkeliaran di pepohonan di belakang rumahnya. Musron menyebut jika keliaran monyet di kampungnya itu di luar kebiasaan. 

Sebab, ungkap dia, pada hari-hari biasa, kawanan kera yang hidup di hutan Merapi, tidak pernah sampai di perkampungan penduduk.

Apa mungkin karena meningkatnya aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini ya - duganya.

Musron mengatakan, biasanya kalau ada kera atau satwa lain yang hidup di hutan Merapi sudah turun, maka tidak lama lagi gunung akan erupsi.

Meski dia yakin itu tanda Merapi akan erupsi, Musron dan para tetangga tetap berada di rumah dan tidak ada rencana menungsi. Apalagi dusun tempat dia tinggal, belum termasuk daerah yang direkomendasikan untuk mengungsi.

Diketahui, Gunung Merapi terus menunjukan aktivitasnya sejak dinaikan status dari Waspada atau Level II menjadi Siaga atau Level III. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0