Dorongan Magma Gunung Merapi Semakin Dekat ke Puncak

Berdasarkan pengamatan Hanik, erupsi tahun ini tidak seperti erupsi di tahun 2010. Meski begitu kewaspadaan tetap harus...
Ramses Rianto Manurung - Nasional,Jumat, 20-11-2020 18:15 WIB
Dorongan Magma Gunung Merapi Semakin Dekat ke Puncak
Gunung Merapi/ist

Sleman, Nusantaratv.com-Aktivitas Gunung Merapi semakin meningkat. itu ditandai dengan dorongan magma Gunung Merapi disebut sudah semakin dekat dengan jarak kurang dari 1,5 km dari puncak gunung.  

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menjelaskan tingkat kegempaan di Gunung Merapi sudah cukup tinggi. Itu terjadi karena karena magma Gunung Merapi mulai bergerak ke permukaan.

"Artinya ini [magma] sudah benar-benar lebih ke permukaan, tapi belum muncul ke permukaan. Potensi bahaya, arah utamanya masih ke arah [kali] Gendol namun demikian guguran berkali-kali ada di arah barat dan barat laut. Jadi berpotensi juga ke Kali Senowo dan Kali Lamat," kata Hanik, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Ke Pengungsian, Doni Monardo Ingatkan Protokol Kesehatan

Berdasarkan pengamatan Hanik, erupsi tahun ini tidak seperti erupsi di tahun 2010. Meski begitu kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. 

"Prediksi kami seperti erupsi 2006 namun sedikit lebih besar," ujarnya.

Hanik mengatakan untuk saat ini belum ada pertumbuhan kubah lava. Jarak aman masih di jarak maksimal 5 km. 

"Posisi magma yang jelas sudah lebih dangkal, kurang dari 1,5 km dari puncak gunung," pungkasnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengimbau kepada masyarakat di lereng Gunung Merapi untuk mematuhi arahan dari pemerintah terkait proses evakuasi. 


 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0