Dokter di Papua Suntik Sendiri Vaksin Covid-19 ke Lengannya

Dokter itu merupakan orang pertama yang divaksinasi di Papua
Mochammad Rizki - Nasional,Kamis, 14-01-2021 05:30 WIB
Dokter di Papua Suntik Sendiri Vaksin Covid-19 ke Lengannya
Ilustrasi. (Net)

Jayapura, Nusantaratv.com - Seorang dokter di Papua menyuntikkan sendiri vaksin Covid-19 ke lengannya, Rabu (13/1/2021).

Hal ini membuat dokter bernama Aaron Rumainum tersebut, menjadi penerima vaksin pertama di provinsi itu. 

Baca juga: Bupati Mamuju Tengah Positif Covid-19

"Penyuntikan vaksin dilakukan untuk mengedukasi masyarakat bahwa vaksin tersebut aman," ujar Aaron. 

Aaron mengaku sempat merasa agak nyeri dan kepala seperti pusing setelah divaksin. Tapi, selang 30 menit, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua itu merasa stabil sehingga bisa kembali beraktivitas. 

Sementara, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, salah satu relawan penerima vaksin Covid-19, mengaku tak memiliki persiapan khusus jelang divaksinasi perdana pada Jumat (15/1/2021). 

"Tidak ada kesiapan khusus, yang terpenting tetap menjalankan protokol kesehatan terkait Covid-19 dan berolah raga," kata Yogo.

Sementara, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, penerima vaksin pertama tertua di Papua, mengatakan dirinya divaksin agar bisa dicontoh masyarakat. 

Apalagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa tentang kehalalan, dan vaksin telah disetujui BPOM.

Untuk efek yang ditimbulkan, kata dia, takkan berbeda jauh dengan imunisasi pada bayi yang kerap menimbulkan demam atau dampak lain.

"Mudah-mudahan masyarakat mau menerima vaksin tersebut dan bila sudah disuntikkan tidak mengalami alergi atau dampak lainnya yang mengkhawatirkan," tandas Rustan, dikutip Antara. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0