Diduga Korupsi Dana Desa, Eks Kades di Jambi Ditangkap

Negara diperkirakan merugi hingga Rp 644 juta
Mochammad Rizki - Nasional,Senin, 30-11-2020 23:59 WIB
Diduga Korupsi Dana Desa, Eks Kades di Jambi Ditangkap
Ilustrasi Dana Desa. (Net)

Jambi, Nusantaratv.com - Diduga korupsi Dana Desa, mantan kepala desa (kades) beserta bendahara desa di Jambi ditangkap polisi. 

HS dan PR yang pernah menjabat perangkat di Desa Air Gemuruh, Kecamatan Bathin III, Kabupaten Bungo, Jambi, kini telah ditetapkan sebagai tersangka. 

Baca juga: Cetak di Gudang Sekolah, Penjaga SMP Produksi Ribuan Pil Koplo 

"Kedua perangkat desa ini sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Awal perkara ini sebelumnya sudah dari tahapan penyelidikan-penyidikan dan sekarang kedua tersangka resmi kita tahan," ujar Kanit Tipidkor Polres Bungo, Ipda Jalpahdi, Senin (30/11/2020).

Dugaan korupsi ini dilakukan keduanya pada tahun 2018. Modusnya, menggunakan Dana Desa untuk sejumlah kegiatan yang diduga fiktif.

Total kerugian negara mencapai Rp 644 juta akibat tindakan tersebut. 

Hal ini hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Jadi anggaran desa itu mereka gunakan beberapa kegiatan. Ada proyek jalan lalu ada kegiatan berupa honor fiktif dan kemudian ada proyek pengadaan barang, dari semua itu ternyata mendapatkan temuan dari BPKP berdasarkan hasil audit yang dilakukan. Temuan itu kemudian kita tindak lanjuti dan sekarang keduanya sudah kita tahan," papar Jalpandi.

Dana Desa yang diduga hasil korupsi, lantas dipakai keduanya untuk kepentingan pribadi.

"Uang hasil itu mereka bagi dua. Lalu uang itu mereka gunakan untuk kepentingan pribadi mereka. Apalagi setiap kegiatan yang mereka lakukan ini juga tanpa adanya koordinasi dengan perangkat desa mulai dari PPK dan sekretaris desa sehingga jadi temuan dari BPKP," jelas Jalpandi.

Keduanya disangkakan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun penjara.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0