Banjir Cianjur Bikin Ratusan Rumah Terendam, Kejadian Tadi Malam

Malam hari ketika mau tidur tiba-tiba banjir melanda.
Alamsyah - Nasional,Senin, 26-10-2020 05:15 WIB
Banjir Cianjur Bikin Ratusan Rumah Terendam, Kejadian Tadi Malam
Banjir Cianjur awal Oktober

Jakarta, Nusantaratv.com - Penduduk Desa Jayagiri Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terusik waktunya untuk beristirahat karena banjir melanda perkampungan mereka. 

Sedikitnya sekitar 400 rumah di desa ini terendam banjir. Banjir terjadi karena luapan sungai pada Minggu (25/10/2020) malam tadi. Dikabarkan tidak ada korban jiwa, namun puluhan keluarga diungsikan ke aula kantor desa.

Sebelum banjir, kawasan tersebut diguyur hujan lebar sejak sore hari.

Akibatnya sungai Ciwaduk atau Cimahi-Garogol yang mengalir di desa tersebut meluap, dan menggenangi ratusan rumah di tiga kampung di Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang.

"Ada tiga kampung yang terdampak banjir, yakni Kampung Cimahi, Garogol, dan Nyalindung. Total sekitar 400 rumah yang terendam, dengan ketinggian air 75 centimeter," ujar Kepala Desa Jayagiri Endang Solehuddin, mengutip detik.com.

Selain merendam rumah, banjir juga menggenangi ruas jalan Cianjur selatan. "Jalan raya juga terendam, tetapi hanya sepanjang 500 meter," kata dia.

Menurutnya, banjir bukan hanya disebabkan hujan deras, tetapi juga diakibatkan penyempitan Sungai Ciwaduk karena adanya peninggian jalan nasional. Sehingga air disebut mudah meluap.

"Lebar sungai kini hanya 10 meter dan kedalamannya tiga meter. Sampai saat ini tidak ada pengerukan sehingga air mudah meluap. Selain itu, tidak ada gorong-gorong di sekitar kampung tersebut," ucapnya.

Sementara Camat Sindangabarang Djoko Purnomo, mengatakan meski banjir merendam ratusan rumah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun saat ini beberapa warga sudah mulai dilakukan evakuasi ke tenda darurat, dan aula yang disiapkan di Kantor Desa Jayagiri.

"Tidak ada korban jiwa. Warga yang rumahnya terdampak cukup parah sudah diungsikan, untuk mengantisipasi jika terjadi banjir susulan, karena intensitas hujan cukup tinggi," pungkasnya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0