Ada 54 Titik Lokasi Wisata di Jabar yang Jadi Target Tes Covid-19

Sejauh ini sudah ada 100 wisatawan yang dinyatakan reaktif dari hasil rapid test
Arfa Gandhi - Nasional,Sabtu, 31-10-2020 01:15 WIB
Ada 54 Titik Lokasi Wisata di Jabar yang Jadi Target Tes Covid-19
Objek wisata di Lembang, Bandung / Foto: Ayobandung

Nusantaratv.com - Guberur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan bakal menggelar swab test maupun rapid test secara acak yang difokuskan di tempat-tempat wisata dan hiburan malam.

Selain kedua tempat tersebut, tes Covid-19 secara acak juga difokuskan kepada para pemudik. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif baru pascalibur panjang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan ada 14 kabupaten dan kota di Jabar yang menjadi destinasi pariwisata.

Unutk itu, pihaknya juga telah menyiapkan 54 titik pemeriksaan rapid test bagi para wisatawan yang dipilih secara acak.

"Kami telah melakukan blusukan ke kawasan-kawasan wisata di Jabar dari barat hingga ke selatan, untuk memastikan protokol kesehatan di objek-objek wisata," kata Dedi dalam keterangan resminya.

"Secara umum kesiapan dari pengelola objek sudah memadai, kita juga terus melakukan edukasi," sambungnya.

Dedi juga mejelaskan, pihaknya pun memperkuat koordinasi dengan pemerintah kota/kabupaten dalam memantau pelaksanaan protokol kesehatan baik dari penyedia jasa wisata maupun wisatawan.

"Pemeriksaan (rapid test) ini untuk benar-benar memastikan bahwa pariwisata di Jabar aman, pencegahan penularan Covid-19," kata Dedi.

Sejauh ini sudah ada ratusan wisatawan yang menjalani tes Covid-19 secara acak. Dan, hasilnya sebanyak 100 orang dinyatakan reaktif dari hasil rapid test.

100 orang tersebut juga langsung ditindaklajuti dengan melakukan swab test. Namun, hasilnya belum keluar.

Pemprov Jabar juga sudah menyiapkan 26.700 alat rapid test untuk menghadapi gelombang wisatawan yang datang ke Jabar untuk mengantisipasi penularan Covid-19 saat libur panjang diakhir pekan ini.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0