215 Warga Keracunan, Wali Kota Tasikmalaya Tetapkan KLB!

Jumlah korban sudah mencapai 215 orang, maka kami saat ini juga sudah mengintruksikan untuk menetapkan KLB
Raymond - Nasional,Senin, 12-10-2020 09:13 WIB
215 Warga Keracunan, Wali Kota Tasikmalaya Tetapkan KLB!

Nusantaratv.com - Sebanyak 215 orang di  Kampung Cilangge, Tasikmalaya, Jawa Barat mengalami keracunan nasi kuning. Saat ini para korban sedang mendapatkan perawatan di RSUD Dr Soekardjo.

Sedangkan, beberapa orang lainnya dirawat di rumah sakit swasta, dan beberapa lainnya dirawat di klinik daerah setempat. "Jumlah korban sudah mencapai 215 orang, maka kami saat ini juga sudah mengintruksikan untuk menetapkan KLB (kejadian luar biasa-red),” ujar Walikota Tasikmalaya, Budiman, tadi malam.

Ia juga mengatakan, seluruh biaya pasien ditanggung oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. “Ya, biaya perobatan kami tanggung semua,: sambungnya.

Budi juga berharap agar korban yang masih dirawat segera sembuh dan kejadian ini menjadi pembelajaran untuk semua agar tidak kembali terjadi.

"Pola Hidup Besih dan Sehat (PHBS) harus ditaati dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih di masa pandemi seperti ini terapkanlah 3M, yakni mamakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun serta air mengalir," tegasnya.

Sebagai informasi, sampai hari ini, Senin (12/10/2020), total korban keracunan makanan yang diduga dari nasi kuning berjumlah 215 orang. 

Adapun hingga kini penyebab keracunan tersebut masih dalam pemeriksaan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.

"Dari sampel pasien yang dirawat di rumah sakit dokter Soekardjo, petugas menemukan adanya kuman amuba. Kuman tersebut diduga menjadi sebab terjadinya keracunan makanan," ujar Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Tasikmalaya, singkat.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0