Mulai Hari Ini, Terminal Baranangsiang Bogor Terapkan Pemeriksaan GeNose

Tes akan dilakukan secara acak khusus kepada penumpang bus jarak jauh atau AKAP

Terminal Baranangsiang Kota Bogor/ist

Bogor, Nusantara TV-Terhitung mulai hari ini, Sabtu (1/5/2021), Terminal Baranangsiang, Kota Bogor mulai menerapkan pemeriksaan covid-19 dengan tes GeNose bagi para penumpang bus. Pemeriksaan dilakukan secara acak dan gratis.

Menurut  Kepala Terminal Baranangsiang Kota Bogor Moses Lieba Ary alat tes GeNose ini disiapkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan sebanyak 500 kantong udara. Dengan target 50 orang setiap hari.

"Kita mendapat bantuan dari BPTJ Kemenhub kurang lebih 500-an. Kita akan melakukan random untuk tiap-tiap penumpang, sopir, dan kondektur," kata Moses dikutip dari Okezone.

Pemeriksaan GeNose di Terminal Baranangsiang lebih diperuntukan bagi penumpang bus jarak jauh atau Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Sejauh ini, belum ditemukan adanya penumpang, sopir, maupun kondektur yang positif covid-19 berdasarkan hasil tes GeNose.

Baca juga: Ini Daftar Bandara yang Siap Pakai GeNose

Dijelaskan, bagi penumpang yang hasil tesnya negatif akan diberikan semacam barcode telah menjalani tes GeNose. Tetapi, bagi yang hasilnya positif langsung dikordinasikan dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

"Tujuannya sesuai anjuran pemerintah untuk protokol kesehatan di dalam angkutan penumpang antisipasi mudik. Karena banyak yang sudah melakukan perjalanan. Jadi kami coba tes secara acak untuk mengurangi penyebaran atau meminimalisir covid-19," pungkasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK