Mulai 2022, Renault Batasi Kecepatan Mobil 180 Km per Jam

Renault Akan Melengkapi Mobil Dengan Fitur Keamanan Terbaru untuk Semua Model.

Ilustrasi Renault. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Renault memutuskan membatasi kecepatan mobil model terbarunya, baik Renault maupun Dacia, hingga mencapai maksimal 180 km per jam mulai tahun depan.

Hal itu dilakukan demi keselamatan di jalan raya, seperti dikutip dari Euro News, Selasa (4/5/2021). Rencananya mobil pertama yang akan dibatasi kecepatannya menjadi 180 kilometer (km) per jam adalah mobil listrik Renault Megane-E.

Renault bukanlah produsen mobil pertama yang melakukan langkah seperti itu. Volvo memperkenalkan batas kecepatan yang sama pada semua modelnya tahun lalu.

"Kecepatan adalah pembunuh terbesar di jalan-jalan UE (Uni Eropa)," kata Graziella Jost, direktur proyek untuk Dewan Keamanan Transportasi Eropa.

"Kecepatan tertinggi kebanyakan mobil saat ini melampaui batas kecepatan maksimum yang diizinkan di hampir semua negara UE. Jadi, membatasi kecepatan tertinggi masuk akal," tambahnya.

Tak hanya membatasi kecepatan mobil, Renault juga akan melengkapi mobil mereka dengan fitur keamanan terbaru untuk semua model. Beberapa fitur berfungsi bak panduan keamanan misalnya Safety Score

Fitur itu nantinya akan menghitung berapa nilai yang diraih oleh pengemudi dalam mengemudikan mobil berdasarkan standar keamanan yang ada. Selain itu ada juga fitur Safety Coach yang berfungsi bak seorang pendamping yang mengolah data kondisi lalulintas yang akan dilalui. 

Dari data itu fitur memberikan peringatan kepada pengemudi agar terhindar dari kecelakaan. Fitur itu sendiri berjalan dengan memberikan peringatan secara real-time. Selain itu, mobil juga akan dilengkapi dengan QR Code yang berisikan informasi tentang struktur mobil. 

Informasi ini akan sangat berguna bagi tim penyelamat apabila mobil mengalami kecelakaan fatal.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK