Mobil Otonom AutoVe Siap Jalani Uji Coba

Lembaga Penelitian Elektronik dan Telekomunikasi Berencana Memperluas Area Uji Coba Mobil Otonom Ini di Masa Depan.

Mobil otonom dari Lembaga Penelitian Elektronik dan Telekomunikasi Korsel. (Koreaherald)

Nusantaratv.com - Lembaga Penelitian Elektronik dan Telekomunikasi (the Electronics and Telecommunications Research Institute) Korea Selatan (Korsel) mengatakan akan melakukan uji coba pertama mobil otonom buatan mereka, AutoVe, pada pekan depan.

AutoVe adalah kendaraan self-driving level 4 yang tidak memiliki kursi pengemudi. Tanpa bantuan manusia, mobil yang memiliki enam kursi penumpang itu hanya digerakkan oleh sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dari lembaga penelitian itu, ditambah dengan sistem pengenalan suara yang dikembangkan sendiri.

"Penumpang cukup berbicara dengan mobil untuk mengatur tujuan," demikian pernyataan dari lembaga penelitian itu, dikutip dari Koreaherald, Kamis (10/6/2021).

Lembaga penelitian yang didanai pemerintah Korsel itu juga mengatakan, pihaknya berencana membawa AutoVe mengunjungi taman di fasilitas mereka setidaknya 10 kali sehari mulai pekan depan. 

"AutoVe akan mengemudi di bawah batas kecepatan 25 kilometer dan secara ketat mematuhi peraturan keselamatan di dalam lingkup lembaga penelitian," lanjut pernyataan itu.

Mobil otonom berbasis sistem AI bekerja dengan memproses informasi yang diperoleh dari kamera dan deteksi cahaya serta sensor jarak untuk mengidentifikasi lingkungan lalu lintas di sekitarnya.

Lembaga penelitian itu juga telah membangun sistem yang dapat mengumpulkan data lingkungan lalu lintas melalui beberapa sensor yang dipasang di seluruh taman. Kendaraan yang menerima data tersebut kemudian dapat menggunakannya untuk mengidentifikasi blind spot.

Untuk uji coba yang akan datang, perusahaan harus membangun database lalu lintas 200 terabyte untuk melatih sistem AI yang dijalankan oleh kendaraan otonom. Mereka juga akan memperluas area uji coba mobil otonom ini di masa depan, dengan tujuan mengkomersialkan kendaraan tersebut pada 2027.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK