Hutan di Gunung Panderman Terbakar. Ini Kisah Mistis Gunung 

Kebakaran hebat melanda kawasan hutan yang berada di lereng Gunung Panderman, Batu, Jawa Timur. 
Hutan di Gunung Panderman Terbakar. Ini Kisah Mistis Gunung 
Di balik terbakarnya hutan di kawasan gunung Panderman terdapat kisah mistis adanya pasar setan (Foto: detik)

Jakarta, Nusantaratv.com - Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu, kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 19. 45 WIB, Minggu (21/7/2019) malam.

Para pendaki di sekitar gunung, sudah dievakuasi oleh aparat terkait.

Terbakarnya hutan di kawasan gunung Panderman, mengingatkan kembali akan kisah mistis yang ada di sekitar kawasan gunung tersebut.

Melansir ngalam.co, di Gunung Panderman ada semua lokasi mistis yang kerap disebut Pasar Setan.

Pasar Setan ada di tempat yang dinamakan Latar Ombo. Di lokasi tersebut sering didirikan tenda oleh para pendaki. View dari sana cukup bagus karena Kota Batu terlihat sangat jelas. Dan apabila malam hari terlihat kerlip lampu kota sehinga di tempat itu sangat sering digunakan berfoto.

Pepohonon tumbuh subur di sini karena beberapa bulan ini curah hujan di Malang Raya cukup tinggi. Halnya ini tentunya sangat bagus sebagai kelangsungan konservasi alam mengingat di Gunung Panderman ini sering terjadi kebakaran hutan.

Latar ombo terletak di ketinggian 1604 meter di atas permukaan laut. Latar Ombo bisa disebut dengan Pos II, dari sana puncak Panderman sudah dekat karena tinggal melewati Watu Gede (Pos III) dan Puncak Basundara.

Berdasarkan pengalaman pendaki yang acap mendaki di gunung Panderman, disebutkan mereka kerap terkejut karena dari atas Latar Ombo terlihat ramai dengan beberapa lampu yang berkelap-kelip dari bawah. Beberapa orang terlihat bergerak dari bawah, namun dengan cepat pemandangan itu hilang karena tertutup kabut.

Keramaian yang terlihat dari atas sama sekali tidak ada. Bahkan satu tenda dari pendaki lain yang ada di Latar Ombo mengaku tidak ada keramaian apapun.

Hingga kini, fenomena Pasar Setan menjadi kisah yang diceritakan oleh pendaki secara turun temurun. Beberapa pendaki pernah mengalami sendiri kejadiannya. Sementara pendaki lain cukup ‘beruntung’ hanya mendengar ceritanya saja karena tidak semua orang bisa senang mendapati pengalaman yang mistis itu.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0