Alas Purwo Terkenal Karena Mistisnya

Pesona alam Banyuwangi memang menyimpan banyak cerita. Mulai dari keindahan yang ditawarkan hingga pesona misteri yang hingga sekarang belum terpecahkan. Keduanya bisa kamu temukan di Alas Purwo! Sebuah Taman Nasional yang indahnya epik namun memiliki berjuta misteri di dalamnya.
Alas Purwo Terkenal Karena Mistisnya
Alas Purwo di Banyuwangi, banyak cerita mistis melingkupinya./yukbanyuwangi.co.id

Nusantaratv.com - Pesona alam Banyuwangi memang menyimpan banyak cerita. Mulai dari keindahan yang ditawarkan hingga pesona misteri yang hingga sekarang belum terpecahkan. Keduanya bisa kamu temukan di Alas Purwo! Sebuah Taman Nasional yang indahnya epik namun memiliki berjuta misteri di dalamnya.

Terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Alas Purwo memiliki keindahan yang tak terelakkan. Memiliki luas hingga 434 Km², Taman Nasional Alas Purwo menyimpan berjuta pesona alam. Mulai dari floranya yang lebih dari 500 spesies tanaman hingga pesona binatang liar yang hidup bebas di sana.

BACA JUGA : Tangkalaluk, Anacondanya Indonesia dari Kalimantan

Dari dulu alas Purwo sudah terkenal dengan pamor mistisnya untuk daerah Jawa Timur. Ya, mulai zaman Bung Karno hingga hari ini, hutan satu itu sudah dikenal dengan kemistisannya. Mulai dari rumor kerajaan jin, sampai soal ilmu-ilmu hitam. Sangat menakutkan, bahkan siapa pun akan keder begitu ditantang untuk memasukinya.

Alas Purwo pun jadi salah satu misteri terbesar yang belum terpecahkan di Indonesia. Bahkan misterinya makin bertambah-tambah dengan fakta-fakta ngeri tentangnya. Misalnya saja seperti beberapa hal beri

1. Bisa Masuk Tapi Belum Tentu Bisa Keluar

Jika ada cerita yang paling identik dengan Alas Purwo, hal tersebut tak lain adalah rumor soal orang-orang yang menghilang di sana. Ya, ada banyak cerita tentang orang-orang yang penasaran dan masuk Alas Purwo tapi mereka tak bisa keluar. Mereka tertelan selamanya di rapatnya hutan Alas Purwo.

Alas Purwo [Image Source]

Ada alasannya kenapa sebagian orang tak bisa keluar dari hutan ini. Salah satunya adalah lantaran orang-orang tersebut punya niatan yang jahat serta hati yang kotor. Orang-orang percaya jika dua hal itu yang dibawa masuk ke dalam Alas Purwo, maka kemungkinan besar ia takkan bisa keluar. Berani membuktikan?

BACA JUGA : 5 Pesulap Tanah Air Ini Aksinya Pernah Gagal 

2. Tempatnya Para Pelajar Ilmu Gaib

Tak hanya kental dengan rumor menghilangkan manusia-manusia, tempat satu ini juga identik dengan ilmu gaib. Tepatnya sering dipakai untuk belajar ilmu-ilmu klenik. Ada banyak sumber yang mengonfirmasi hal ini. Hal tersebut juga dibuktikan dengan banyaknya gua-gua di sana yang ternyata selalu meninggalkan jejak manusia.

Salah satu gua di alas Purwo [Image Source]

Tak begitu jelas sih soal rincian ilmu-ilmu yang dipelajari orang-orang di sini. Tapi, rumor mengatakan barang siapa yang sudah selesai belajar di Alas Purwo ia bakal sakti luar biasa. Entah benar atau tidak, namun yang jelas tempat ini sepertinya benar dipakai sebagai tempat belajar ilmu.

3. Alas Purwo Jadi Tempat Kesukaan Bung Karno Bersemedi

Selain terkenal dengan cerita mistisnya, Alas Purwo juga sering dikaitkan dengan sosok Bung Karno. Ya, banyak cerita juga tentang sang Proklamator yang dikisahkan sering menuju hutan ini. Tujuannya sendiri adalah untuk bertapa memikirkan bangsa.

Bung Karno [buduar.ru]

Tak hanya itu, Bung Karno katanya semedi untuk melakukan kontak dengan sang penguasa Pantai Selatan alias Nyi Roro Kidul. Tujuannya sendiri adalah untuk mendapatkan kejayaan. Tapi, tentu saja cerita ini masih jadi bualan belaka lantaran tak pernah ada bukti, dan Bung Karno pun tak berbicara soal Alas Purwo.

BACA JUGA : KKN Desa Penari versi Nur, Sang Pelaku, Lengkap

4. Alas Purwo Adalah Kerajaan Jin Terbesar

Salah satu hal yang juga paling dikenal masyarakat soal tempat ini adalah tentang cerita kalau Alas Purwo adalah daerah di mana kerajaan jin berdiri. Bahkan menurut cerita-cerita, kerajaan jinnya sendiri luar biasa. Begitu besar, megah, dan sangat ramai. Bagi yang punya mata batin, katanya bisa melihat kerajaan ini.

Ilustrasi kerajaan gaib [boombastis.com]

Entah apakah ini benar atau tidak, tapi rumor tersebut memang sudah sangat melekat dengan Alas Purwo. Tapi, mungkin saja anggapan ini muncul lantaran Alas Purwo sendiri identik dengan magis dan klenik. Makanya, kemudian keduanya pun dihubung-hubungkan.

5. Alas Purwo Memiliki Puluhan Gua-Gua

Kalau dilihat dari foto-foto yang ada di internet. Alas Purwo terlihat seperti hutan biasa. Banyak pohon dan sangat lebat. Tapi, jika kita bisa masuk ke dalamnya, ternyata tempat ini menunjukkan pemandangan yang beragam. Salah satunya adalah terdapat banyak gua-gua yang tersebar di penjuru hutan.

Gua di Alas Purwo [kaskus.co.id]

Ada yang mengatakan jika Alas Purwo memiliki setidaknya 40 buah goa. Dan menurut kabarnya masing-masing goa ini selalu ada penghuninya. Tak hanya yang kasat mata saja, tapi juga bangsa gaib. Penggunaan goa ini katanya lebih sering untuk bersemedi.

BACA JUGA : Lengkap, Horor KKN di Desa Penari versi Pelaku, Widya

Mungkin sudah ratusan tahun Alas Purwo berdiri, namun hingga hari ini kemisteriusannya masih belum benar-benar terpecahkan. Bahkan pamor angkernya tetap terjaga. Buktinya, masih banyak orang yang percaya akan cerita-cerita mistis di sini, dan selalu ogah ketika ditantang untuk masuk ke dalamnya.

Sumber: boombastis.com



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0