Memperingati Hari Nyepi, Bandara Bali Ngurah Rai Tutup

Penjabat Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Agus Budi Santosa mengatakan penutupan kegiatan wisatawan untuk perayaan Nyepi akan diadakan dari 14 Maret

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Nusantara TV - Bandara Internasional Bali Ngurah Rai mulai ditutup pada hari Minggu (14/3/2021), sejak pukul 6:00 pagi hingga Senin, hari berikutnya. Kebijakan tersebut diberlakukan sebagai perayaan ritual Nyepi.

“Pada rentang waktu ini Bandara tidak melayani penerbangan berjadwal domestik maupun carter,” kata Corporate Communication Angkasa Pura I, Denoan Rinaldi.

Kata Rinaldi, penutupan bandara adalah bentuk penghormatan terhadap umat Hindu di Bali yang akan mengalami ibadat. Meskipun operasional ditangguhkan, Angkasa Pura saya masih akan mengingatkan bandara untuk melayani penerbangan darurat.

Angkasa Pura I telah bersosialisasi kepada penumpang. Selain itu, kebijakan penghentian layanan penerbangan selama Nyepi telah dikenal oleh aktor penerbangan dunia.

“Biasanya mereka sudah otomatis menyesuaikan dan mengatur jadwalnya dengan periode penutupan bandara saat Hari Raya Nyepi,” katat Rinaldi menambahkan.

Gerakan penumpang di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali telah menurun selama periode pandemi Covid-19. Data perusahaan menunjukkan jumlah penumpang yang lepas landas dan tiba di Bandara Bali sepanjang Januari hingga Februari 2021 turun 89 persen tahun.

Dalam dua bulan, Bandara Bali hanya melayani 369.569 penumpang. Sedangkan pada Januari-Februari 2020, Bandara Bali melayani 3,6 juta penumpang. Penurunan gerakan penumpang memengaruhi lalu lintas penerbangan.

Denoan Detail, gerakan pesawat di bandara yang terletak di pulau para dewa hanya mencapai 5.915 kali, turun hingga 76 persen.

“Pada periode yang sama tahun sebelumnya, (Bandara Internasional Ngurah Rai) melayani 25.366 pergerakan pesawat,” ujar Rinaldi menjelaskan.

Selain Bandara Bali, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyatakan pada perayaan Nyepi pada tahun 1943 Saka atau pada 14-15 Maret 2021, daerah Bromo akan sepenuhnya ditutup dari kegiatan wisata.

Penjabat Kepala Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Agus Budi Santosa mengatakan penutupan kegiatan wisatawan untuk perayaan Nyepi akan diadakan dari 14 Maret pada 00.00 WIB hingga 15 Maret 2021 pukul 06.00 WIB.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK