Mantan Ephorus HKBP DR SAE Nababan Tutup Usia

DR SAE Nababan meninggal dunia dalam usia 88 tahun

DR SEA Nababan/ist

Jakarta, Nusantara TV-Indonesia kembali kehilangan salah satu tokoh agama terbaiknya. Mantan Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) DR SAE Nababan dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Medistra Jakarta, Sabtu (8/5/2021) pukul 16.18 WIB. 

Almarhum yang bernama lengkap DR Soritua Alber Ernst Nababan yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persekutuan Gereja-Geraja di Indonesia (PGI) meninggal dunia dalam usia 88 tahun. 

Informasi terkait rumah duka akan diinformasikan kemudian.

Demikian berita duka cita yang diterima redaksi NusantaraTV.com, Sabtu (8/5/2021). 

Riwayat DR SAE Nababan

Semasa hidupnya pria kelahiran Tarutung, Sumatera Utara 24 Mei 1933 ini tidak hanya aktif melakukan pelayanan di tingkat nasional. Dedikasinya terhadap kemajuan gereja dan pelayanan agama Kristen Protestan membuat dirinya mendapat kepercayaan sebagai pengurus gereja tingkat internasional. 

Baca juga: Pdt Dr Robinson Butarbutar Ephorus HKBP 2020-2024

Ia menempuh pendidikannya di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta dan lulus pada tahun 1956 dengan gelar Sarjana Theologia. Ia mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Heidelberg, Jerman, dan lulus dengan gelar Doktor Theologia pada tahun 1963. 

Pada periode 1987-1998, Ompung menjabat sebagai Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP). Jabatan-jabatan lain yang pernah dipegangnya di lingkup Indonesia antara lain Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia pada periode 1967-1984 dan kemudian ketua umum dari lembaga yang sama pada periode 1984-1987.

Pendeta Dr. SAE Nababan juga menjabat sebagai ketua pertama dari Vereinte Evangelische Mission (United Evangelical Mission), sebuah lembaga misi internasional yang terdiri atas 34 gereja anggota yang tersebar di Afrika, Asia, dan Jerman. Yang terakhir, dalam Sidang Raya ke-9 Dewan Gereja-gereja se-Dunia (WCC) di Porto Alegre, Brasil, pada tahun 2006, beliau terpilih menjadi salah seorang presiden dari lembaga Persekutuan Gereja-gereja Sedunia bersama 7 presiden terpilih lain yang mengemudikan organisasi gereja-gereja Protestan dan Ortodoks.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK