Svargabumi Borobudur, Objek Wisata di Tengah Sawah

Sebuah objek wisata dengan latar belakang sawah muncul di kota Magelang, Jawa Tengah.
Supriyanto - Lifestyle,Rabu, 16-09-2020 13:19 WIB
Svargabumi Borobudur, Objek Wisata di Tengah Sawah
Svargabumi Borobudur, wisata di tengah sawah./profes.xyz

Nusantaratv.com – Sebuah objek wisata dengan latar belakang sawah muncul di kota Magelang, Jawa Tengah. Objek wisata yang diberinama Svargabumi Borobudur ini terletak di Kelurahan Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Lokasi ini hanya berjarak 300 meter dari Candi Borobudur, ujar Pungki, pengelola wisata sawah ini. Pemberian nama Svargabumi Borobudur, karena menurut Pungki sang pemilik, Borobudur adalah surga yang jatuh ke bumi.

(galeriwisata.id)

Svargabumi Borobudur sejatinya adalah spot foto yang dibuat di tengah sawah. Spotnya sangat banyak sehingga setiap sudut pun bisa dijadikan selfie.

Oleh pengelolanya, wisata sawah ini dirancang sejak pertengahan 2019 lalu dan baru dibuka awal Agustus 2020. Meski demikian, setiap pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan.

Pungki menyewa lahan dari 30 pemiliknya lalu membangun wisata persawahan Svargabumi. Meski demikian, ia tetap memperbolehkan para petani menanam padi serta memanen hasilnya.

Baca Juga: Penerapan Protokol CHSE di Jateng dan Yogyakarta

Sama sekali ia tak minta bagian hasil panen. Sebelumnya, petani hanya mengandalkan hujan untuk bertanam padi. Lalu oleh Pungki dibuatkan teknik irigasi sehingga padi bisa ditanam setiap waktu.

(youtube.com)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun turut mempromosikan wisata sawah ini. Melalui Instagramnya, ia menuliskan sebagai berikut:

Seorang kawan kirim video & cerita dibalik keindahan tempat ini. Ada cerita bisnis yg menarik:

“Ini di Magelang! Pemilik sawah sangat diuntungkan karena sawah 0,1 ha disewa 8 jt/th (1 ha 80 jt/th).

Penggarap tetap diperbolehkan menggarap sawahnya dan mendapatkan seluruh hasil padinya semua alias cuma2 (tidak ada bagi hasil dengan pemilik lahan, karena sudah disewa oleh investor).

(minews.id)

Buruh tani dapat pekerjaan rutinitas tiap hari atau harian lepas. Disewa selama 10 tahun total luas 20 ha. Ini contoh kasus yang menguntungkan bagi petani dan investor tentunya.

Ok gak? Siapa pernah ke sini?

Keren ya sobat, kapan ya di daerah kita juga akan muncul objek-objek kreatif seperti ini? 

Sumber: suarasiber.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0