Strategi Peningkatan Pelaku Parekraf Saat Pandemi

Pemerintah Siapkan Strategi Peningkatan Kapasitas Pelaku Parekraf Saat Pandemi
Rayza Nirwan - Lifestyle,Minggu, 22-11-2020 01:15 WIB
Strategi Peningkatan Pelaku Parekraf Saat Pandemi
Upgrading training bagi pemandu wisata/ Kemenparekraf

Jakarta, Nusantaratv.com - Menghadapi persaingan di tingkat ASEAN hingga global di tengah pandemi Covid-19, Kemenparekraf melakukan berbagai strategi salah satunya peningkatan kapasitas kompetensi Pelaku Pariwisata dan ekonomi kreatif.

Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya menjelaskan, pandemi Covid-19 terjadi di seluruh dunia bukan hanya di Indonesia saja.

Baca Juga: Peningkatan Kompetensi SDM Pariwisata Yogyakarta

Untuk itu, perlu berkolaborasi para stakeholder pariwisata untuk menyusun strategi meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sehingga pascapandemi semua sudah siap.

"Saya memprediksi di tahun 2023 masalah di SDM pariwisata kita bisa selesaikan, melalui pengembangan standar, skema okupasi, Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI), skema uji kompetensi, hingga toolboxes training bisa kita selesaikan," kata Wisnu beberapa waktu lalu.

Saat kegiatan Upgrading bagi pemandu wisata yang dihadiri kurang lebih 100 peserta, hadir pula Kepala Dinas Pariwisata DIY Yogyakarta Singgih Raharjo, Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Rahmad Sugiyanto, dan perwakilan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sangtu Subaya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0