Pariwisata Bali Nyatakan Siap Menyongsong Era New Normal

Industri Pariwisata Bali Menyatakan Telah Siap untuk Menjalani New Normal Pariwisata
Rayza Nirwan - Lifestyle,Minggu, 07-06-2020 08:33 WIB
Pariwisata Bali Nyatakan Siap Menyongsong Era New Normal
Keindahan alam di Tanah Lot, Bali/ Harry Kessell

Jakarta, Nusantaratv.com - Industri pariwisata di Bali menyatakan diri siap untuk menjalani tatanan kenormalan baru atau New Normal pariwisata yang dalam praktiknya nanti akan lebih mengedepankan protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan sebagai kebutuhan utama wisatawan.

Ketua Pasar ASEAN dari ASITA Bali Febrina Budiman mengatakan, ada 400 tour operator dan travel agent yang tergabung dalam ASITA Bali sudah menyatakan siap untuk menyambut kenormalan baru pariwisata.

"Kami sangat optimistis bahwa kami bisa 'berteman' dengan COVID-19 atau dengan kata lain kita harus bisa berteman meski kita tidak bisa berteman selamanya," kata Febrina dalam kegiatan 'International Webinar Tourism in Indonesia' yang diselenggarakan Kemenparekraf untuk pasar Singapura dan Malaysia, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pariwisata Berkelanjutan Dinilai Jadi Aspek Penting pada Era New Normal

Optimisme pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali itu bukan tanpa alasan. Dimulai dari situasi yang sangat berat akibat COVID-19 ketika pemerintah menutup akses pintu masuk internasional, khususnya dari China pada Februari 2020.

Memasuki Maret 2020, pemerintah kemudian memutuskan untuk menutup semua penerbangan internasional yang berarti wisatawan dari berbagai market potensial juga terhenti.

Namun keberhasilan pemerintah daerah bersama komunitas lokal dalam mengendalikan COVID-19 membuat industri optimistis menatap fase baru pariwisata Bali.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0