Menparekraf Terus Fokus Kembangkan Pariwisata Danau Toba untuk Masyarakat

Menparekraf Menyatakan Komitmennya Dalam Membangun Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Danau Toba
Rayza Nirwan - Lifestyle,Senin, 09-03-2020 08:40 WIB
Menparekraf Terus Fokus Kembangkan Pariwisata Danau Toba untuk Masyarakat
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan Menparekraf Wishnutama Kusubandio/ Kemenparekraf

Toba Samosir, Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutana Kusubandio menyatakan komitmennya dalam membangun pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba yang manfaatnya akan dirasakan sepenuhnya bagi masyarakat.

Menparekraf dalam kunjungan kerjanya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ke Desa Sigapiton, Toba Samosir, Sumatera Utara, menyampaikan rasa bahagianya berkunjung ke Desa Sigapiton dan melihat secara langsung progres pembangunan di wilayah Danau Toba.

"Ini adalah kesempatan pertama saya dan saya mengucapkan terima kasih banyak atas sambutannya. Selama perjalanan dari airport tadi saya lihat pemandangan yang begitu indah dan saya mendapatkan banyak sekali inspirasi," ujar Menparekraf beberapa waktu lalu.

Desa Sigapiton merupakan satu dari empat desa yang masuk dalam pengembangan Kawasan Pariwisata Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. Salah satunya, kawasan ini akan dibangun Toba Caldera Resort.

Baca Juga: Danau Toba Jadi Anggota UNESCO Global Geopark, Apa Saja Keuntungannya

Menparekraf mengatakan, desa yang diapit dua bukit itu menjadi perhatian Presiden sehingga secara khusus menjadi perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Bapak Presiden berpesan kepada saya bahwa manfaat dari pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif harus dapat dirasakan bahkan sampai ke desa-desa," ungkap Menparekraf.

Untuk mendukung Danau Toba menjadi destinasi favorit wisatawan maka perlu adanya konektivitas dan infrastruktur yang memadai untuk mendorong dan memfasilitasi peningkatan kunjungan wisatawan nasional maupun mancanegara ke Danau Toba.

"Namun hal yang tidak kalah penting adalah pembangunan manusianya. Masyarakat setempat tidak boleh hanya menjadi penonton, namun turut aktif menjadi pelaku dan menerima dampak positif pengembangan pariwisata di daerahnya," kata Menparekraf.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0