Kemenparekraf Dorong Sulut Maksimalkan Kearifan Lokal

Rakor Likupang Rebound, Kemenparekraf Dorong Sulawesi Utara Maksimalkan Potensi Kearifan Lokal
Rayza Nirwan - Lifestyle,Kamis, 23-07-2020 10:41 WIB
Kemenparekraf Dorong Sulut Maksimalkan Kearifan Lokal
Rakor Likupang Rebound/ Kemenparekraf

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong penguatan kearifan dan tradisi lokal sebagai salah satu upaya pengembangan destinasi super prioritas Likupang dan Sulawesi Utara pada umumnya sebagai daya tarik bagi wisatawan.

Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Wawan Gunawan dalam "Rakor Likupang Rebound" di Manado, mengatakan bahwa kearifan dan tradisi lokal merupakan hal penting untuk mempromosikan potensi wisata yang ada.

Likupang Rebound merupakan program pendampingan dari Kemenparekraf untuk membangun destinasi yang siap dikunjungi dan dinikmati wisatawan sekaligus membangun motivasi bagi pelaku dan pengelola pariwisata di Sulawesi Utara, khususnya terkait pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kini Kunjungan ke Suku Baduy Mulai Dibatasi, Ada Apa?

"Gunakan local wisdom dan local content di Sulawesi Utara sebagai suatu main core untuk dikunjungi. Misalnya belum ke Manado jika belum makan Bubur Manado," kata Wawan pada Selasa (21/7/2020).

Menurut Wawan, dengan penguatan kearifan lokal yang ada, pemerintah setempat dapat merumuskan bentuk atraksi dan potensi ke dalam paket wisata yang terintegrasi.

"Jadi nanti ada komponen wisata alam, bahari, buatan, serta bisa mengakomodir industri ekonomi kreatif, kuliner dan mengangkat nilai kearifan lokal dari Sulawesi Utara," jelas Wawan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0