Garuda Emas dan Ondel-Ondel Khas Betawi Meriahkan Moomba Festival Parade 2020

Antusiasme Komunitas Indonesia untuk Turut Berpartisipasi Dalam Moomba Parade Merupakan Hal Positif dan Perlu Diapresiasi.
Adiantoro - Lifestyle,Selasa, 10-03-2020 15:08 WIB
Garuda Emas dan Ondel-Ondel Khas Betawi Meriahkan Moomba Festival Parade 2020
Ondel-Ondel khas Betawi meriahkan Moomba Festival Parade 2020. (Dok. Humas Kemenlu)

Jakarta, Nusantaratv.com - Masyarakat Indonesia di Australia turut meramaikan Moomba Parade 2020 di Melbourne, Australia dengan beragam busana tradisional nusantara pada Senin (9/3/2020).

Pada tahun ini, masyarakat Indonesia terbagi menjadi 2 kelompok yang dikoordinir Sanggar Saman Melbourne dan Indonesia Diaspora Network Victoria (IDN Victoria).

"Pakaian yang digunakan oleh Komunitas Indonesia pada Moomba Parade 2020 ini merupakan hasil pengembangan atau modifikasi busana tradisional agar lebih semarak sesuai dengan suasana keriaan Moomba Parade," kata Harryvan Marpaung, creative designer dari pakaian tradisional kontingen Indonesia, dilansir laman kemlu.go.id, Selasa (10/3/2020).

Sementara itu, Sulistyawan Wibisono, Koordinator IDN Victoria, mengatakan untuk turut berpartisipasi memeriahkan kontingen Indonesia pada Moomba Festival Parade ini, pihaknya membawa kostum pasangan Garuda Emas dan Ondel-Ondel yang dibawa dari Indonesia.

Baca Juga: Jawa Timur Bakal Gelar 445 Event Pariwisata Pada 2020, Apa Saja?

Sedangkan Koordinator Saman Melbourne, Rossa Wintala Puspitasari sekaligus Ketua, menyampaikan kelompoknya menggunakan kostum dari tokoh pewayangan Jawa, Maluku, Madura, dan Aceh.

Di sisi lain, antusiasme komunitas Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam Moomba Parade merupakan hal positif dan perlu diapresiasi. "Partisipasi aktif masyarakat Indonesia perlu terus didukung karena ini juga merupakan bagian dari program Perwakilan RI untuk mempromosikan Indonesia di Wilayah Kerja dengan memberdayakan aset dan sumber daya Pewakilan, termasuk Komunitas dan Masyarakat Indonesia di Melbourne," kata Prima Januar Sastrawiria, Konsul Sosbud pada KJRI Melbourne.

Diketahui, Moomba Festival telah terselenggara sebanyak 66 kali sejak 1954 dan merupakan festival terbesar di Kota Melbourne. Selama 4 hari penyelenggaraannya Moomba Festival menarik lebih dari satu juta pengunjung, sementara parade yang merupakan puncak acara disaksikan lebih dari 10 ribu penonton. 

Kehadiran dan keterlibatan masyarakat Indonesia di Australia dalam kegiatan seperti ini merupakan bagian dari penguatan people-to-people relations dan sangat bermanfaat bagi hubungan bilateral antar negara.

KJRI Melbourne sangat mengapresiasi kontribusi dan peran aktif masyarakat Indonesia, dan akan terus membangun kemitraan dengan berbagai kelompok komunitas Indonesia dalam kegiatan serupa di Victoria di masa yang akan datang.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0