Danau Toba Jadi Anggota UNESCO Global Geopark, Apa Saja Keuntungannya

Danau Toba Didapuk Sebagai Anggota UGG Setelah Sebelumnya Melalaui Council Meeting UGG
Rayza Nirwan - Lifestyle,Rabu, 04-03-2020 11:59 WIB
Danau Toba Jadi Anggota UNESCO Global Geopark, Apa Saja Keuntungannya
Keindahan alam Danau Toba/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com Danau Toba kini telah resmi masuk kedalam anggota UNESCO Global Geopark (UGG). Hal ini tentunya membuar danau yang berada di Provinsi Sumatera Utara tersebut meningkat statusnya dan usulan sebagai  Geopark Kaldera Toba diterima.

"Iya, ini dia masih masuk dalam bagian UNESCO Global Geopark. Itu namanya satu kumpulan dari beberapa ratusan negara ya yang mempunyai geopark," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sumatera Utara Ria Novida Telaumbanua, beberapa waktu lalu.

Ria menjelaskan bahwa pengumuman Danau Toba sebagai anggota UGG setelah sebelumnya melalaui Council Meeting UGG yang digelar di Gili Trawangan, Lombok 31 Agustus 2019 lalu.

Baca Juga: Jawa Timur Bakal Gelar 445 Event Pariwisata pada 2020, Apa Saja

Keberhasilan Danau Toba masuk dalam keanggotaan UGG tentunya merupakan kerja keras yang dilakukan oleh Tim Geopark Kalder Toba. Adapun Danau Toba hanya tinggal selangkah lag mendapatkan pengakuan UGG yang rencananya akan diumumkan pada April 2020 mendatang.

Ria mengungkapkan bahwa ada banyak sekali keuntungan yang didapat sebagai anggota UGG. Dimana Danau Toba akan memiliki peluang besar untuk kemajuan dan perkembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Selain itu hal ini menjadikan Danau Toba sebagai wisata kelas dunia.

Ria juga menambahkan dengan adanya hal ini, Danau Toba juga memiliki poin khusus untuk dipromosikan dan dipasarkan secara internasional.

"Kita gampang mempromosikan Danau Toba. Bagi kita sendiri merupakan sebagai pengakuan, jadinya status Danau Toba sudah terangkat. Ya sudah pasti, memberikan kemudahan secara internasional. Menjadi suatu kehormatan dan bersyukur serta Puji Tuhan. Karena, kita menunggu bertahun-tahun itu ya harus kita lakukan," kata Ria.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
2
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: