Tatanan New Normal, Ini Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan

Diperlukan Waktu 30 Hingga 60 Hari untuk Bangun Kebiasaan Baru.
Adiantoro - Lifestyle,Jumat, 12-06-2020 09:48 WIB
Tatanan New Normal, Ini Kebiasaan Baik yang Bisa Dilakukan
Penggunaan masker bisa cegah virus corona. (Anna Shvets/Pexels)

Jakarta, Nusantaratv.com - Beberapa wilayah di Indonesia tengah mempersiapkan protokol normal baru (new normal).

Kota Jakarta, misalnya, saat ini berada dalam masa transisi dari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke new normal. Yakni perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun dengan penerapan protokol kesehatan guna mengurangi penularan virus corona (COVID-19).

Sadar atau tidak, kita telah melewati batas waktu yang diperlukan untuk membangun kebiasaan-kebiasaan baru selama pembatasan sosial ini.

Beberapa penelitian mengungkapkan diperlukan waktu 30 hingga 60 hari untuk membangun kebiasaan baru atau menghentikan kebiasaan buruk, secara sengaja maupun tidak.

Artinya, hal-hal yang sudah atau belum kita lakukan sebelumnya akan menjadi kebiasaan baru dan semakin mudah untuk dilanjutkan.

Dan setelah melalui masa-masa isolasi, penting untuk diingat jika kita harus melindungi diri dengan tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan gaya hidup sehat.

Baca Juga: Angka Perceraian di China Meningkat Akibat Karantina Virus Corona, Kok Bisa?

Nah! Ini kebiasaan baik yang bisa dilakukan untuk menghadapi new normal: 

1. Tetap Menjaga Jarak

Kamu mungkin sadar terdapat beberapa tanda pada lantai pertokoan, trotoar, dan platform kereta di lingkungan kita. Tanda-tanda ini dibuat untuk tetap menjaga jarak aman guna menghindari penularan virus corona. Ini tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi juga melindungi orang-orang di sekitar kita agar tetap aman dan nyaman.

2. Menggunakan Masker di Ruang Publik

Menggunakan masker saat ini telah menjadi sebuah keharusan ketika kita berada di luar rumah dan terpaksa tidak bisa menjaga jarak aman. Meskipun kamu merasa baik-baik saja, tetap dianjurkan untuk mengenakan masker ketika kamu berada kurang dari satu meter dengan orang lain.

3. Rajin Mencuci Tangan

Kebiasaan baru lainnya yang dapat melindungi kita adalah rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah bepergian keluar.

4. Membawa Peralatan Makan Sendiri

Ketika masa pembatasan sosial sudah selesai, kamu bisa mengunjungi kafe dan restoran favorit kamu, tetapi ingat kamu perlu menjaga diri kamu dengan menghindari menggunakan peralatan makan yang dipakai secara umum. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita membawa botol minum dan peralatan makan pribadi.

5. Tetap Rutin Berolahraga

Cobalah untuk berolahraga setiap hari di rumah sebelum atau sesudah melakukan rutinitas harian. Ada banyak tutorial olahraga dan peregangan yang bisa diakses secara gratis. 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0