Lima Tanda Pasanganmu Belum Dewasa Secara Emosional

Dewasa secara emosional adalah salah satu hal penting dalam menjalin hubungan.
Supriyanto - Lifestyle,Kamis, 15-10-2020 15:17 WIB
Lima Tanda Pasanganmu Belum Dewasa Secara Emosional
.Hubungan yang kuat dan sehat membutuhkan dua orang yang matang secara emosional

Nusantaratv.com - Semakin bertambahnya usia, membuat kebanyakan orang ingin hubungannya berlangsung lama dan berusaha menjaganya hingga ke jenjang pernikahan.

Hubungan yang kuat dan sehat membutuhkan dua orang yang matang secara emosional untuk menjalankan hubungan mereka. Sayangnya, tidak semua orang cukup dewasa dalam menjalin hubungan.

Dewasa secara emosional adalah salah satu hal penting dalam menjalin hubungan. Dengan memiliki kedewasaan secara emosional, kamu dan pasanganmu bisa dengan mudah menyelesaikan setiap masalah yang ada, begitu pula sebaliknya.  

Ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang belum dewasa secara emosional, jangan berharap hubunganmu dapat berjalan baik-baik saja. Melansir dari Bustle, berikut 5 tanda pasanganmu tidak dewasa secara emosional. 

Baca Juga: Najwa Shihab, Wanita Paling Dikagumi di Indonesia

Tidak Bisa Mengungkapkan Perasaannya dengan Mudah 

Setiap orang memiliki perasaan, namun tidak semua orang mampu mengakui apa yang sebenarnya dia rasakan. Bila kamu melihat pasanganmu pura-pura bahagia padahal dia sedang merasakan kesedihan, itu berarti bahwa pasanganmu belum dewasa secara emosional. Burns mengatakan bahwa orang yang tidak dewasa secara emosional akan kesulitan jika berbicara tentang perasaannya. 

Tidak Ingin Berbicara tentang Masa Depan 
Tidak ada yang mengharuskanmu merencanakan pernikahan sejak kencan pertama. Tapi setidaknya kamu dan pasanganmu harus memiliki tujuan ke sana. Jika pasanganmu tidak ingin berkomitmen untuk masa depan kalian dan hanya memikirkan hubungan kalian untuk saat ini saja, itu menjadi salah satu tanda bahwa dia belum dewasa secara emosional, seperti yang diungkapkan Burns.   

Meninggalkanmu saat Kamu Membutuhkannya 
Hal terbaik dari menjalin suatu hubungan adalah memiliki pasangan yang bisa menemanimu dalam keadaan apapun. Burns menjelaskan bahwa pasanganmu tidak dewasa secara emosional apabila dia tidak tahu bagaimana cara mendukungmu saat kamu menghadapi masalah, entah masalah pekerjaan maupun masalah keluarga. Kamu akan merasa bahwa dia menjauhkan diri darimu saat kamu benar-benar membutuhkannya. 

Bersikap Defensif 
Dalam hubungan yang sehat, kedua pasangan harus bisa merasa nyaman dalam membicarakan berbagai hal, sekalipun masalah krusial. Pasanganmu akan terlihat tidak dewasa secara emosional apabila dia tidak bisa menerima kritik yang kamu sampaikan. Seseorang yang tidak dewasa secara emosional menjadi sangat defensif bahkan terhadap hal-hal kecil, terutama jika mereka yang salah, kata Davis. 

Tidak Bisa Bertanggung Jawab 
Rappaport mengungkapkan pasangan yang tidak dewasa secara emosional menolak untuk bertanggung jawab atas perbuatannya. Mereka enggan mengakui kesalahannya dan menolak untuk meminta maaf dengan tulus. Seseorang yang tidak dewasa secara emosional cenderung menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dilakukannya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0