Saat ke India, Hindari Makanan-makanan ini

Sayangnya, beberapa kuliner India terkenal bukan karena rasanya, melainkan karena bentuknya dan cara membuatnya yang terbilang...
Supriyanto - Lifestyle,Kamis, 19-11-2020 22:30 WIB
Saat ke India, Hindari Makanan-makanan ini
Jajanan di India

Nusantaratv.com - Saat berkesempatan mengunjungi India, kamu akan dihadapkan dengan banyaknya tempat wisata menarik yang membuat bingung memilih.  Selain tempat wisata, kuliner di India juga unik-unik. 

Sayangnya, beberapa kuliner India terkenal bukan karena rasanya, melainkan karena bentuknya dan cara membuatnya yang terbilang jorok.

Dari video-video yang tersebar di media sosial, beberapa kali diperlihatkan bagaimana cara membuat kuliner di India. Banyak makanan-makanan yang diolah langsung menggunakan tangan tanpa memperhatikan kebersihan tangan sang pembuat.

Karena itu, saat kamu berkunjung ke India, sebaiknya hindari makanan-makanan ini. Melansir dari The Culture Trip, berikut makanan yang perlu kamu hindari ketika berkunjung ke India.


1. Golas


 GolasGolas © curlytales.com

Golas adalah permen es khas India. Golas cukup populer di sini. Apalagi saat musim panas, kalau di Indonesia mungkin mirip dengan es serut. Golas biasa dijual di pinggir-pinggir jalan.

Baca Juga: Bikin Cepat Tua, Jangan Makan atau Minum Makanan Ini

Meski terlihat menyegarkan, kalau bisa kamu menghindari minuman ini. Faktor kesehatan dan kebersihan menjadi alasannya. Air yang digunakan untuk membuat es golas tak bisa dipercaya. Di samping itu, esnya kemungkinan disimpan di tempat yang tak hiegienis. Juga perwarna yang dipakai juga kurang bisa dijamin standar keamanannya.


2. Jus Buah


 Juice di IndiaJuice di India © youtube.com/Our Collection

Jus Buah sangat sering kita jumpai di beberapa kota di India. Sebagai pelepas dahaga, mungkin kita berpikir jus adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, hal ini tak direkomendasikan di India.

Melansir dari Culture Trip, kebanyakan pedagang kaki lima di India menggunakan air keran untuk membuat jus. Selain itu, tak ada jaminan jika buah telah dicuci dengan benar.

3. Gol Gappe


 Gol GappeGol Gappe © wikimedia.org/Sachindubey4

Gol Gappe adalah salah satu jajanan yang cukup digemari di India. Gol Gappe terbuat dari roti renyah goreng berukulan kecil dan berlubang. Biasanya, Gol Gappe disajikan dengan menambahkan bumbu dan air beraroma di lubang roti tersebut.

Meskipun terlihat enak, namun, air yang digunakan untuk membuat Gol Gappe di pinggir jalan tak bisa dijamin kebersihannya.


4. Paan Masala


 Paan MasalaPaan Masala © sukhadia.com

Paan masala adalah jajanan India yang dikemas dengan kemasan berwarna cerah. Paan Masala dikenal dan dipasarkan sebagai penyegar mulut.

Sayangnya, kandungan yang ada di dalam makanan ini yang menjadi masalah. Paan Masala terdiri dari campuran pinang, tembakau, kapur mati, dan penyedap lainnya. Bahan-bahan ini membawa zat-zat yang mengandung karsinogen. Karsinogen ini konon bisa merusak DNA manusia.


5. Bhut Jolokia


 Bhut JolokiaBhut Jolokia © culturetrip.com

Bhut Jolokia dikenal sebagai cabai asal India. Cabai ini dikenal sebagai cabai terpanas di dunia. Cabai inilah yang juga dibuat untuk gas air mata oleh Angkatan Darat India.

Baca Juga: Seger Banget! Es Serut Rainbow Kakigori

Karena rasanya yang pedas inilah, kamu perlu berhati-hati jika hendak menyantap Bhut Jolokia ini.


6. Gorengan khas India


 Gorengan IndiaGorengan India © youtube.com/The Food Ranger

Beberapa gorengan khas India yang sering kita temui adalah Samosa, pakora, dan kachoris. Biasanya, gorengan tersebut dimasak menggunakan minyak yang dipakai kembali. Hal ini tentu sangat berdampak pada risiko beberapa penyakit seperti kardiovaskular, Alzheimer, gangguan hati dan lain sebagainya.

Itulah beberapa kuliner yang sebaiknya kamu hindari saat berkunjung ke India ditinjau dari kebersihan makanan tersebut tentunya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0