Daging Satenya Alot? Mungkin Ini Sebabnya

Namun ada beberapa kesalahan yang justru membuat sate daging jadi keras atau alot saat disantap.
Supriyanto - Lifestyle,Jumat, 31-07-2020 18:03 WIB
Daging Satenya Alot? Mungkin Ini Sebabnya
Sate kerap dijadikan pilihan praktis dalam mengolah daging kurban Idul Adha./Foodies Feed

Nusantaratv.com - Hari ini, Jumat 31 Juli 2020 atau 10 Dzulhijah pada penanggalan islam, seluruh umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan hari raya kurban. Karena pada hari raya Idul Adha akan dibarengi dengan penyembelihan hewan kurban.

Hewan kurban yang telah disembelih lalu dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar. Ibu-ibu pun sibuk menyiapkan bumbu untuk mengolah daging kurban yang didapat.

Salah satu pilihan masak daging kurban adalah dibuat sate. Karena membuat sate relatif lebih mudah dan praktis. Tinggal memotong-motong dagingnya, siapkan bumbu dan bara api.

Namun ada beberapa kesalahan yang justru membuat sate daging jadi keras atau alot saat disantap. Mengapa demikian?

Dikutip dari cnnindonesia.com, Executive Chef Aprez Catering by AMuz Group, Stefu Santoso membeberkan dua kesalahan utama yang kerap dilakukan dalam membuat sate yakni, daging langsung diolah saat sampai dan penggunaan mentega berlebihan.

1. Daging langsung diolah
Daging kurban biasanya berada dalam kondisi segar. Sapi dan kambing disembelih, dipotong-potong dan didistribusikan pada hari yang sama. Hanya saja, kadang tak ada jeda antara ketika daging diterima dengan waktu masak.

Ada kalanya begitu daging sampai, Anda tak sabar dan langsung mengolahnya menjadi sate. Akibatnya, daging jadi agak keras.

“Meskipun kadang usianya masih muda. Cuma karena dipotongnya fresh kemudian langsung dimasak, biasanya agak sedikit keras,” kata Stefu seperti dikutip dari Antara.

Kunci mengolah daging ada pada marinasi atau proses perendaman daging dalam larutan bumbu, yang sedianya perlu waktu beberapa jam. Belum jika Anda mendapat daging dari hewan yang agak tua sehingga lumayan alot.

Langkah awal yang dilakukan tentu membuatnya empuk, semisal dengan merendam bersama nanas atau dibungkus daun pepaya.

2. Terlalu banyak menteg

Mentega memang membuat daging terasa lebih gurih. Sebaiknya pakai mentega secukupnya atau ia bakal membuat daging Anda gosong lebih cepat.

Stefu menjelaskan mentega yang meleleh bisa masuk ke bara dan membuat api naik hingga membakar daging.

“Daging akan hitam. Itu efek yang paling utama,” imbuhnya.

Sumber: cnnindonesia.com

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0