Kampung Wisata Tenun Ikat Kediri

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Mengapresiasi Anak Muda Teruskan Tradisi Tenun Ikat Kediri
Rayza Nirwan - Lifestyle,Senin, 05-10-2020 03:20 WIB
Kampung Wisata Tenun Ikat Kediri
Pedagang kain tenun ikat/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau Kampung Wisata Tenun Ikat di Bandar Kidul, Kota Kediri, (3/10/2020). Dimana, tenun ikat sendiri merupakan salah satu kekayaan budaya lokal yang harus terus dilestarikan.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jatim melakukan dialog dengan Pengrajin Tenun Ikat dan Netizen Kediri Instafest.

Gubernur Jatim ini mengatakan tradisi menenun di Bandar Kidul ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Menenun sudah menjadi bagian dari tradisi yang diwariskan dari budaya seluruh warga yang ada di sini, sehingga  regenerasinya bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Himbauan Batik untuk Pelaku Ekraf

Lebih lanjut disampaikannya, pemilik tenun ikat ini mengajak anak muda untuk mencintai tradisi menenun. Dengan demikian, anak muda akan menjadi bagian yang bisa melestarikan tradisi tenun. Proses hulu hilirnya berjalan dengan baik seperti pemintalan benang, mengikat.

Menurut Gubernur Jatim, keberseiringan antara gerakan ekonomi UMKM melalui tenun di sini dengan protokol kesehatan menjadi contoh yang bagus.

"Ini merupakan sesuatu yang menjadi referensi para millenial lestarikan budaya menenun, karena mereka yang menenun anak-anak muda," kata Gubernur Jatim.

"Ini sebuah ketelatenan yang harus dibangun oleh para penenun. Dan anak-anak muda di sini regenerasinya berjalan dengan baik. Harapannya, ekonominya gerak, protokol kesehatan terjaga," tambah Gubernur Jatim.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0