LG Innotek Kembangkan Otomotif Wi-Fi 6E Pertama

LG Sebutkan Modul Otomotif Wi-Fi 6E Besutannya Memiliki Model yang Ramping.

LG Innotek kembangkan otomotif Wi-Fi 6E. (LG Innotek)

Nusantaratv.com - LG Innotek Co, produsen suku cadang elektronik utama di Korea Selatan (Korsel), mengatakan telah mengembangkan modul otomotif Wi-Fi dengan teknologi komunikasi nirkabel canggih sebagai upaya perusahaan memperluas kehadirannya di pasar mobilitas masa depan.

LG Innotek mengklaim modul otomotif Wi-Fi terbarunya adalah yang pertama di industri yang didasarkan pada teknologi Wi-Fi 6E (6th Generation Extended) generasi berikutnya yang menggunakan bandwidth 6 GHz.

Perusahaan mengatakan akan mengkomersialkan modul Wi-Fi 6E pada 2022. Modul otomotif Wi-Fi6E adalah komponen komunikasi nirkabel jarak dekat yang menghubungkan sistem infotainment dalam kendaraan (IVI) ke perangkat pintar dan router eksternal. 

Modul ini menggabungkan chipset komunikasi, sirkuit frekuensi radio, dan komponen lainnya. LG Innotek mengatakan modulnya memiliki kecepatan transmisi data 1,2 gigabit per detik, yang kira-kira tiga kali lebih cepat dari Wi-Fi 5 yang ada.

Sehingga hanya membutuhkan 2 milidetik untuk terhubung ke jaringan, yang tujuh kali lebih cepat dari yang sebelumnya. 

"Kinerja komunikasi seperti itu akan memberikan konektivitas tanpa batas kepada penumpang, memungkinkan mereka menikmati film dan game definisi tinggi pada tampilan di dalam kendaraan atau sistem audio," kata perusahaan, seperti dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Selasa (2/3/2021).

LG Innotek mengatakan produk tersebut juga menawarkan daya tahan yang ditingkatkan karena dapat menahan perubahan suhu antara -40 derajat Celcius dan 85 derajat Celcius. Ini dikembangkan dengan desain permukaan sinapsis yang lebih besar untuk mengatasi penyusutan dan pembengkakan yang berulang.

Perusahaan menambahkan modul otomotif Wi-Fi 6E besutannya juga memiliki model yang kecil dan ramping serta kompatibel dengan modul yang ada. Dengan produk terbaru tersebut, LG Innotek mengatakan akan menjadi perusahaan terkemuka di pasar komponen komunikasi otomotif yang saat ini didominasi oleh perusahaan Jepang.

Untuk mencapai tujuannya, perusahaan mengatakan akan secara aktif menargetkan pemasok suku cadang mobil di Amerika Utara, Eropa, Jepang dan China. Perusahaan juga berencana melakukan promosi bersama dengan Infineon Technologies AG Jerman yang memasok chipset otomotif Wi-Fi 6E.

Menurut peneliti pasar Techno Systems Research (TSR), permintaan modul komunikasi otomotif Wi-Fi diperkirakan tumbuh 70 persen, dari 51,2 juta unit pada 2020 menjadi 87,3 juta unit pada 2025.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK