LG Chem Tanggung Sebagian Besar Biaya Recall Mobil Listrik Hyundai

Hyundai dan LG Chem Menolak Berkomentar Terkait Pembagian Biaya Recall Tersebut.

Hyundai Kona Electric. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Penarikan kembali (recall) terhadap 82 ribu unit mobil listrik secara global untuk mengganti baterai, membuat Hyundai Motor Co diprediksi mengalami penurunan laba operasi pada kuartal keempat.

Kendati terdapat laporan yang menyebut pembuat baterai LG Chem Ltd akan menanggung sebagian besar biaya recall itu, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (4/3/2021). 

LG Chem, yang sepenuhnya dimiliki LG Energy Solution, akan menanggung 70 persen dari perkiraan biaya 900 juta dolar AS (Amerika Serikat) untuk mengganti sistem baterai pada sekitar 82 ribu unit kendaraan listrik Hyundai secara global, menurut kantor berita Yonhap dan media Korea Selatan lainnya.

Namun, Cho Hyun-ryul, seorang analis di Samsung Securities, mengatakan dia memperkirakan beban LG sedikit lebih rendah yakni sekitar 62 persen dari biaya yang dikeluarkan nantinya.

Hyundai dan LG Chem menolak berkomentar terkait pembagian biaya recall tersebut. Recall terhadap sebagian besar Kona EV (electric vehicle/EV), yang merupakan mobil listrik terlaris Hyundai, adalah salah satu penggantian paket baterai massal pertama yang dilakukan oleh produsen mobil besar tersebut. Hal ini mendapatkan pengawasan ketat karena menyangkut citra produsen mobil asal Korea Selatan (Korsel) dan pembuat baterai.

Hyundai mengatakan pada Kamis (4/3/2021), pihaknya merevisi penurunan laba operasi kuartal keempat sebesar 300 miliar won ($265 juta) atau hampir seperlima menjadi 1,3 triliun won, sementara LG Chem memangkas laba operasinya lebih dari 80 persen menjadi 119 miliar won.

Penarikan terbaru untuk Kona EV mengikuti penarikan akhir tahun lalu untuk peningkatan perangkat lunak setelah serentetan kebakaran. Namun, salah satu Kona EV yang ditarik terbakar pada Januari, dan otoritas Korea Selatan meluncurkan penyelidikan apakah penarikan pertama sudah memadai.

Penarikan baru berlaku terhadap hampir 76.000 Kona EV yang diproduksi antara 2018 dan 2020, termasuk sekitar 25.000 yang dijual di Korsel. Beberapa model IONIQ EV dan bus listrik. Diperkiraan biaya 1 triliun won ($900 juta) termasuk 38,9 miliar won yang dihabiskan untuk penarikan pertama ini.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK