Mencari Jejak Miro Baldo Bento Eks Pemain Timnas

Penggemar sepak bola nasional era 90-an pasti kenal yang namanya eks Timnas Indonesia yang membelot ke Timor Leste, yakni Miro Baldo Bento dan berikut kabar terkininya.
Mencari Jejak Miro Baldo Bento Eks Pemain Timnas
Eks pemain Timnas Indonesia Miro Baldo Bento yang pindah warga negara ke Timor Leste./twitter
Untitled Document

Nusantaratv.com - Penggemar sepak bola nasional era 90-an pasti kenal yang namanya eks Timnas Indonesia yang membelot ke Timor Leste, yakni Miro Baldo Bento dan berikut kabar terkininya.

Pria dengan nama lengkap Miro Baldo Bento de Araujo ini lahir di Dili, Portuguese Timor pada 4 Juni 1975 silam. Saat masih menjadi pemain, ia berposisi sebagai striker.

Miro Baldo Bento (kiri).(eyesoccer.id)

Miro memulai karier di dunia sepak bola bergabung dengan Arseto Solo (1992-1998). Kemampuannya dalam mengolah bola pun akhirnya membuat Persija Jakarta kepincut.

Musim berikutnya ia membela Persija Jakarta. Namun tak lama berselang, ia pindah ke PSM Makassar (1999-2002) dan mengantarkan Pasukan Ramang juara Liga Indonesia 1999/00.

Performa yang begitu hebat di dalam kotak penalti membuat Miro Baldo dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia oleh pelatih Nandar Iskandar di Piala AFF 1998 dan menjadi top skor.

Bersama Timnas Indonesia Miro Baldo telah membuat tiga gol dari sembilan laga di berbagai ajang. Miro pernah satu tempat dengan Aji santoso, Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, hingga Kurnia Sandi.

Meski sempat menjadi warga negara Indonesia, Miro Baldo Bento akhirnya hengkang dan memilih pindah kewarganegaraan ke Timor Leste pada 2000.

Alhasil, ia kini menjadi pemain asing ketika berkarier di Liga Indonesia. Meski begitu, keterampilannya dalam mencetak gol tak kunjung pudar.

Beberapa klub seperti Perseden Denpasar (2003), Persekaba Badung (2004), Persijap Jepara (2004/05), Persim Minahasa (2006), Persiba Balikpapan (2007), Persela Lamongan (2007), PSBL Langsa (2008/09), dan PSIS Semarang (2010).

Laskar Mahesa Jenar pun menjadi klub terakhir yang dibela Miro Baldo Bento. Sebab pada 2010 ia memilih gantung sepatu alias pensiun dari dunia sepak bola.(indosport.com)