Yuk Bikin Es Tebak, untuk Berbuka Puasa :: Nusantaratv.com

Yuk Bikin Es Tebak, untuk Berbuka Puasa

Selain Tebak, es favorit warga Payakumbuh ini juga dilengkapi potongan nangka, avokad, kolang kaling, cincau, kelapa muda, dan tape singkong.
Es Tebak dari Payakumbuh./instagram@ronaldmoren

Nusantaratv.com - Ranah Minang selama ini terkenal dengan aneka masakannya yang nikmat yang disukai banyak orang. Tapi selain aneka masakan yang lezat, ternyata ada satu minuman yang nikmat banget yang wajib dicoba, namanya es Tebak dari Payakumbuh.

Meski Es Tebak berasal dari Payakumbuh, minuman segar dingin ini kini telah menyebar hingga ke Solok, Medan, bahkan hingga Pekanbaru. Bahkan, di bulan Ramadan, minuman ini jadi favorit sajian berbuka.

Tebak, bahan isian es tebak. (foto: Instagram @shan_aja)

Nama minuman ini diambil dari salah satu isian campuran di dalamnya. Tebak adalah cendol berwarna putih yang terbuat dari campuran tepung beras ketan dan tepung sagu. Meskipun mirip, tekstur tebak lebih keras ketimbang cendol. Karena berwarna putih, tebak kerap terlihat seperti serutan kelapa muda.

Selain Tebak, es favorit warga Payakumbuh ini juga dilengkapi potongan nangka, avokad, kolang kaling, cincau, kelapa muda, dan tape singkong. Tak lupa serutan es ditumpuk di atasnya. Gundukan es serut itu disiram dengan kuah santan yang legit, sirup merah, dan susu kental manis. Rasanya mantap. Segar dan manis legit.

Isian es tebak yang segar dan nikmat. (foto: Instagram @mr.iqbalferdian)

Baca Juga: Pemerintah Wadahi FSI 2020 untuk Pelaku Kuliner Kembangkan Bisnis

Kalau berkunjung ke Payakumbuh, jangan lewatkan menikmati semangkuk es tebak segar di Pasar Payakumbuh. Kios kecil di bagian pinggiran pasar tersebut menyajikan es tebak dan beberapa camilan sebagai teman makan es tebak.

Namun, kalau belum sempat berkunjung ke Payakumbuh, bikin sendiri dulu deh es tebak versi kamu di rumah dengan resep berikut ini.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0