Rujak Daun, Makanan Khas Berbuka Puasa dari Aceh, Gurih dan Kaya Khasiat :: Nusantaratv.com

Rujak Daun, Makanan Khas Berbuka Puasa dari Aceh, Gurih dan Kaya Khasiat

Pernah dengar makanan “Rujak Daun”? Kalau kamu jalan-jalan ke Provinsi Aceh, tentu akan tahu apa itu Rujak Daun.
Rujak daun, makanan khas Provinsi Aceh./inews.id

Nusantaratv.com - Pernah dengar makanan “Rujak Daun”? Kalau kamu jalan-jalan ke Provinsi Aceh, tentu akan tahu apa itu Rujak Daun. Ya Rujak Daun adalah makanan khas Aceh yang hanya ada saat bulan Suci Ramadhan. Di luar bulan Ramadhan, rujak daun tidak ada di pasaran.

Di Aceh sendiri makanan ini disebut “seunicah oen” atau dalam bahasa Indonesianya disebut Rujak Daun. Makanan berbuka puasa 

Masyarakat Muslim di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, memiliki makanan khas yang biasa disantap saat berbuka puasa di Bulan Suci Ramadhan, yakni “seunicah oen” atau dalam Bahasa Indonesia disebut rujak daun.

“Makanan seunicah oen (rujak daun) ini hanya dijual khusus selama bulan suci Ramadhan, tidak dijual saat hari biasa,” kata Afrizal (35), seorang pedagang di Kompleks Pasar Bina Usaha Jeuram, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Senin (18/5).

Baca Juga: Resep Semur Daging, Masakan Mudah untuk Buka Puasa

Adapun bahan-bahan untuk membuat rujak daun, bukan sembarang daun. Aneka dedaunan yang diperoleh dari kebun dan kawasan hutan, lalu digabung dalam satu ikatan, kemudian diiris tipis.

Dan untuk menimbulkan citarasa yang memikat, menurut Afrizal, dedaunan yang sudah dipotong dan diiris tipis tersebut dicampur dengan bumbu khas yang terbuat dari serai, cabai, bawang, serta aneka rempah lainnya.

Selanjutnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0