Resep Bikin Kulit dan Isi Risoles Enak

Bagi teman-teman yang suka ngemil tentu sudah tidak asing lagi donk dengan kue Risoles. Ya kue yang berbentuk lonjong ini mirip dengan lumpia, isinya pun bisa beraneka ragam, ada yang berisi ayam, daging atau bahkan seafood. Wortel dan kentang menjadi sayuran yang selalu ada untuk isi risoles.
Resep Bikin Kulit dan Isi Risoles Enak
Risoles, enak dan lembut di mulut./youtube.com

Nusantaratv.com - Bagi teman-teman yang suka ngemil tentu sudah tidak asing lagi donk dengan kue Risoles. Ya kue yang berbentuk lonjong ini mirip dengan lumpia, isinya pun bisa beraneka ragam, ada yang berisi ayam, daging atau bahkan seafood. Wortel dan kentang menjadi sayuran yang selalu ada untuk isi risoles.

Adapun kulit risoles juga bisa didapatkan di pasar. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu memang lebih praktis membeli kulit risoles di pasar. Tapi sebenarnya membuat kulit risoles itu mudah lho dan dijamin lebih higienis, bukan berarti yang di pasar tidak hiegenis, tapi kalau kita buat sendiri ada rasa puas sempurna, pembuatan risoles dari isi hingga kulitnya kita buat sendiri.

Di bawah ini ada Risoles enak dan cara membuat kulitnya, yuk kita mulai saja.

Baca Juga: Resep Membuat Selai Nanas dan Kue Nastar Keju

Bahan dan Cara Membuat Kulit Risoles

  • Bahan utama untuk pembuatan kulit risoles adalah tepung terigu sebanyak 500 gram.
  • Susu cair sebanyak kurang lebih 1 liter supaya hasilnya lebih gurih.
  • Telur Ayam ukuran sedang besar sebanyak 5 pcs.
  • Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya (kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil).
  • Minyak sayur atau minyak goreng baru secukupnya atau bisa diganti juga dengan mentega yang dicairkan (kurang lebih sebanyak 1 sendok untuk olesan dan 7-8 sendok buat dicampur dengan bahan bahan yang lain).

Langkah pertama untuk pembuatan resep kulit risoles adalah mengocok telurnya.

  • Kocok telur ayamnya menggunakan mixer dan tambahkan 1 sendok garam.
  • Tuang susu cair yang sudah disiapkan dan aduk menggunakan spatula atau adukan yang lain sampai semua bahan tercampur rata.
  • Tuang tepung terigu yang sudah ditimbang sedikit demi sedikit ke dalam adonan di atas sampai habis dan adonan rata dan agak licin. Sebaiknya proses pengadukan menggunakan tangan (di uleni).
  • Masukkan margarin cair atau minyak yang sudah dipersiapkan di atas. Aduk aduk kembali menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata dan terasa agak licin.
  • Diamkan sebentar supaya adonan pulen dan tutupi dengan plastik atau kain bagian atasnya.
  • Siapkan wajan penggorengan dengan api kecil. Olesi dengan sedikit minyak dan tuang adonan sedikit saja untuk membuat kulit risoles tipis-tipis saja. Lakukan sampai semua adonan habis.
1 / 3
Selanjutnya