Nama-nama Minuman Kopi

Nama-nama Minuman Kopi
Anekaragam jenis nama minuman kopi./spesialtips.com

Nusantaratv.com - Sudut pandang lain tentang apa yang beberapa orang anggap sebagai jenis kopi adalah jenis-jenis minuman kopi. Dari cara pembuatannya minuman kopi memiliki beberapa nama. Berikut ini akan kami ulas beberapa minuman yang jadi menu andalan di banyak coffee shop.

1. ESPRESSO BASED

 

Espresso lahir di Eropa ketika orang-orang menginginkan kopinya disiapkan dengan cepat. Untuk itu, lahirlah mesin espresso yang memudahkan coffee shop dalam melayani para pelanggan. Espresso juga menjadi pondasi atau bahan dasar dari minuman-minuman lainnya seperti:

a. Espresso

  • Espresso adalah minuman hitam pekat dengan ciri khas buih berwarna cokelat kental di permukaannya yang disebut dengan crema. Pembuatannya menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi. Umumnya, secangkir espresso hanya berisi sebanyak 30-45 ml saja.

b. Americano

  • Americano adalah espresso dengan tambahan air panas. Konon, americano lahir dari kebiasaan orang Amerika meminum espresso yang lebih encer.

BACA JUGA : Ini 4 Jenis Bubur Khas Indonesia Yang Nikmat

c. Long Black

  • Long black adalah minuman dengan komposisi yang sama dengan americano, yaitu terdiri atas espresso dan air panas. Hanya saja, cara penuangannya berbeda. Americano dibuat dengan espresso yang disiram air panas, sedangkan long black dibuat dengan menuangkan espresso pada air panas.

d. Cappuccino

  • Cappuccino adalah minuman yang dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 foam. Beberapa orang menaburkan bubuk cokelat di atas foam-nya agar tampilannya lebih manis.

e. Latte

  • Secara kasat mata, latte mirip dengan cappuccino. Komposisi latte terdiri atas 1/3 espresso dan 2/3 susu steamed. Foam yang digunakan untuk membuat latte tidak setebal cappuccino. Beberapa barista handal membuat lukisan saat menuangkan susu dan menyebutnya dengan latte art.

f. Macchiato

  • Sama seperti latte dan cappuccino, macchiato adalah campuran espresso dan susu. Nama macchiato berasal dari bahasa Italia yang berarti tanda atau bercak. Maksud dari penamaan ini mungkin adalah espresso yang diberi sedikit bercak susu steamed atau bisa pula susu yang diberi bercak espresso.

g. Mochaccino

  • Mochaccino adalah campuran dari espresso, cokelat, dan susu steamed. Minuman ini punya banyak nama lain, di antaranya ada moka, mocha, dan café mocha. Nama mochaccino berasal dari kota yang punya sejarah besar bagi dunia perkopian, yaitu Mocha, Yaman.

h. Black Eye

  • Berbeda dengan americano dan long black, black eye adalah espresso yang ditambahkan dengan kopi hitam. Perlu diingat bahwa kopi hitam di sini berbeda dengan espresso yang dibuat dengan tekanan. Sementara kopi hitam dibuat dengan menyeduh dengan manual brew, atau bisa dengan perkolator.

i. Con Panna

  • Con panna adalah minuman yang terbuat dari espresso yang diberi topping whipped cream. Krim ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa pahit pada espresso.

j. Affogato

  • Tahukah Anda apa itu gelato? Ya, gelato adalah es krim khas Italia. Satu atau dua sendok gelato jika disiram espresso akan menjadi satu minuman yang bernama affogato.

BACA JUGA : Kuliner Unik dari Papua, Udang Selingkuh!

2. MANUAL BREW

Beberapa sajian kopi yang dijelaskan sebelumnya adalah berbasis espresso. Umumnya dibuat menggunakan alat atau mesin otomatis. Sementara minuman kopi yang dibuat dengan mengandalkan tangan dan tenaga manusia disebut dengan manual brew. Berikut adalah beberapa metode seduh kopi manual brew yang populer.

a. Moka Pot

  • Moka pot adalah alat untuk membuat espresso secara manual. Alat pembuat kopi tradisional ini berasal dari Italia, diciptakan oleh Alfonso Bialetti pada tahun 1933.
  • Cara menggunakan alat ini adalah dengan memanaskannya di atas tungku atau kompor. Oleh karena dibuat dengan cara manual, cita rasanya pun berbeda dengan espresso-espresso pada umumnya.

b. Rok Presso

  • Sama seperti moka pot, Rok Presso juga menjadi alat alternatif untuk membuat espresso. Berbeda dengan mesin, tekanan yang dihasilkan dari alat ini berasal dari tenaga manusia. Caranya adalah dengan menekan kedua tuas yang ada pada Rok Presso dengan tangan.

c. Kopi Tubruk

  • Kopi tubruk adalah metode seduh yang paling gampang dan sederhana. Cara ini berasal dari budaya ngopi masyarakat Indonesia. Seperti namanya, cara membuatnya pun hanya perlu menubruk bubuk kopi dengan air panas.

d. Pour Over

  • Beberapa orang ketika menyebut manual brew, akan merujuk pada teknik pour over. Metode seduh ini meskipun terlihat sederhana, sebetulnya gampang-gampang susah. Perlu rasio, ketrampilan tangan, dan insting yang tepat.
  • Teknik penyeduhan pour over dilakukan dengan mengalirkan air pada bubuk kopi pada filter dan dripper. Aliran air yang telah melewati bubuk kopi kemudian turun ke dalam gelas saji. Alat-alat penunjang teknik pour over yang terkenal di antaranya ada V60, Chemex, dan Kalita Wave.

BACA JUGA : Kopi-Kopi Mahal Dunia, Ada Yang Dibanderol Rp 15 juta per Kilogram!

e. Vietnam Drip

  • Vietnam drip adalah sebutan lain dari sajian kopi susu khas Vietnam. Penyebutan itu dikarenakan pembuatannya menggunakan saringan atau dripper yang kemudian dikenal dengan nama vietnam dripper. Saringan atau dripper tempat bubuk kopi diseduh itu diletakkan di atas gelas yang sudah diisi dengan susu kental manis.

f. French Press

  • Satu lagi metode seduh kopi secara manual adalah dengan menggunakan alat yang bernama french press. Cara penyeduhannya sama seperti kopi tubruk. Hanya saja, french press memiliki plunger yang berperan sebagai penyaring sehingga ampas kopi turun di dasar french press.

Sumber: sasamecoffee.com

 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0