Nama-nama Kopi di Indonesia

Satu varietas kopi yang sama jika ditanam di daerah yang berbeda bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda. Oleh karena itu cita rasa kopi di setiap daerah bisa berbeda-beda sesuai dengan kontur tanahnya, sehingga muncullah istilah single origin. Berikut ini adalah contoh-contoh single origin yang populer dari Indonesia.
Nama-nama Kopi di Indonesia
Jenis kopi di Indonesia, Arabika dan Robusta./intisari.grid.id

Nusantaratv.com – Bicara tentang kekayaan dan anugrah Indonesia seakan tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Kopi.  Indonesia menduduki urutan ke empat negara penghasil kopi terbaik di dunia. Negara penghasil kopi terbaik di dunia yang pertama adalah Brazil disusul Vietnam dan Kolombia.

Ada dua macam jenis kopi di Indonesia robusta dan arabika. Umumnya penanaman kopi di Indonesia masih dilakukan secara tradisional.

Uniknya di Indonesia, satu varietas kopi yang sama jika ditanam di daerah yang berbeda bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda. Oleh karena itu cita rasa kopi di setiap daerah bisa berbeda-beda sesuai dengan kontur tanahnya, sehingga muncullah istilah single origin.

Single origin adalah istilah yang merujuk pada daerah budidaya asal kopi tersebut ditanam. Istilah ini bermaksud memudahkan orang-orang dalam mengenali karakter kopi.

1 / 14
Selanjutnya