Membuat Rendang Kering Bumbu Padang dengan Serundengnya

Seperti resep masakan Padang lainnya, rendang daging kering hitam ini juga menggunakan resep bumbu rendang kering dari berbagai macam rempah sehingga rasanya sangat enak sampai di dalam dagingnya.
Membuat Rendang Kering Bumbu Padang dengan Serundengnya
Rendang kering./rendanguniupik.com.jpg

Nusantaratv.com - Seperti resep masakan Padang lainnya, rendang daging kering hitam ini juga menggunakan resep bumbu rendang kering dari berbagai macam rempah sehingga rasanya sangat enak sampai di dalam dagingnya. Karena teksturnya tidak basah, resep rendang daging kering tahan lama sehingga bisa dengan mudah disimpan sebagai stok masakan di rumah. 

Bumbu rendang kering juga lebih sederhana dibandingkan dengan resep daging rendang biasanya. Tetapi memang waktu yang dibutuhkan untuk cara buat rendang ini lebih lama dari biasanya. Hal ini supaya masakan daging yang kita buat ini kadar airnya sedikit dan bisa tahan lebih lama kalau disimpan. Kalau masalah rasa, rendang kering serundeng ini juga tidak kalah nikmat kok.

Apalagi dengan serundeng yang krispi dan renyah, pasti anak-anak lebih lahap kalau makan dengan lauk ini. Untuk lebih jelasnya, bumbu rendang kering dan cara buat rendang ada dibawah ya. 

Baca Juga: Resep Rendang Padang Asli Minang

Bahan-bahan Resep Rendang Kering Hitam Tahan Lama

  • Seperti resep rendang lainnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi segar kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja. Pilih daging yang bebas lemak kemudian cuci dengan air hangat dan potong-potong kotak sesuai selera.
  • Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 5 cm saja. Cuci bersih kemudian memarkan sebelum dimasak.
  • Batang serai yang sudah dicuci bersih kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Memarkan sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • Daun jeruk segar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja.
  • Gula merah kualitas bagus yang sudah disisir secukupnya sesuai selera.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  • Kelapa yang sudah diparut kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Peras sehingga menghasilkan 1/2 liter santan encer dan 1/2 liter santan kental.
  • Parutan kelapa sisa membuat santan diatas secukupnya untuk bahan serundeng keringnya.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu rendangnya.
1 / 2
Selanjutnya