Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau, Hitam atau Putih?

Setiap cangkir teh yang kita minum memiliki perbedaan baik dari segi warna maupun rasa. Perbedaan dari berbagai macam warna dan rasa teh bergantung kepada variasi dari tanaman teh yang digunakan, lokasi dimana teh tersebut ditanam, metode yang digunakan saat memproses, dan cara menyeduh teh.
Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau, Hitam atau Putih?
Aneka warna dan jenis teh./edibleiq.com

Nusantaratv.com - Ada beragam jenis teh di pasaran, seperti putih, oolong, hijau, hitam, dan sebagainya. Padahal semua jenis teh yang ada berasal dari tanaman yang sama, yakni camellia sinensis. Uniknya walau dari tanaman yang sama, masing-masing warna punya khasiat yang berbeda.

Setiap cangkir teh yang kita minum memiliki perbedaan baik dari segi warna maupun rasa. Perbedaan dari berbagai macam warna dan rasa teh bergantung kepada variasi dari tanaman teh yang digunakan, lokasi dimana teh tersebut ditanam, metode yang digunakan saat memproses, dan cara menyeduh teh. 

BACA JUGA : Paket Wisata Indonesia Laku Keras Sampai Rp 204 Miliar di Vietnam

Hal ini dijelaskan pihak Unilever dalam Jakarta Food Editors Club, satu agenda sosialisasi dan edukasi masyarakat seputar kesehatan dan gizi.

Hmm, kira-kira apa yang membedakan antara teh hijau, putih, dan hitam ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Proses pembuatan teh

healthline.com

Teh putih menggunakan pucuk daun. Teh putih langsung dikeringkan tanpa harus disangrai maupun dioksidasi.

archanaskitchen.com

Kalau teh hijau dan hitam diambil dari bagian yang sama. Bedanya, teh hijau melalui proses yang lebih panjang. Setelah dipetik, daun teh langsung dipanggang, digulung, dan dikeringkan.

Teh hitam lebih teroksidasi dibanding jenis teh lainnya. Hasilnya, warnanya merah gelap hingga hitam dan kafeinnya lebih banyak. 

BACA JUGA : Doyan Buah Durian? Ini Cara Pilih Buah Durian Dengan Baik

2. Perbedaan rasa masing-masing teh

lifehack.org

Teh hitam merupakan jenis yang sering kita konsumsi. Kamu pasti sudah familiar dengan rasa dan aromanya yang kuat. Sedangkan teh putih, biasanya diolah menjadi minuman berwarna kuning. Rasanya lebih lembut.

Teh hijau cenderung terasa hambar. Banyak orang yang merasa pahit, karena cara menyeduhnya salah.

Supaya tidak pahit, seduh teh pada suhu 70-80 derajat Celcius. Bisa juga dengan mendiamkan air mendidih selama dua menit sebelum menambahkan kantong teh hijau.

 

3. Kandungan kafein teh putih paling rendah

edibleiq.com

Semakin singkat proses mengolahnya, warna teh akan semakin terang dan punya kandungan kafein yang sedikit. Tak heran kalau teh putih mengandung kafein paling sedikit. Kafeinnya hanya 15-30 miligram per 8 ons. 

Dalam segelas teh hijau, kafeinnya sekitar 24-45 miligram. Dalam takaran yang sama, kafein pada teh hitam sekitar 14-70 miligram.

 

4. Khasiat masing-masing teh

healthywomen.org

Setiap teh punya keunggulannya masing-masing. Misalnya teh hijau dipercaya dapat menghambat perkembangan sel kanker, memberi efek nyaman atau rileks, mengurangi penumpukan plak beta-amyloid di otak, antimikroba, dan sebagainya.

nutritionadvance.com

Teh hitam bisa memberikan manfaat, seperti menunjang produksi antioksidan alami dalam tubuh, melindungi sel lemak dari kerusakan akibat radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi fungsi jantung.

healthyeating.sfgate.com

Berlanjut ke teh putih yang bisa melindungi otak, melawan radikal bebas, menurunkan risiko osteoporosis, dan menjaga kesehatan gigi. Kesimpulannya, teh sangat baik untuk kesehatan. Pilihannya tergantung dengan kondisi badanmu.

BACA JUGA : Mengenal Memek, Kuliner Khas Aceh

Kalau punya penyakit refluks asam lambung, teh hijau atau putih bisa jadi pilihan yang tepat.

Nah, dari ketiga jenis teh tersebut, mana yang kamu suka?

Sumber: idntimes.com



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0