Jenis Kopi dan Cara pembuatannya

Dari berbagai nama kopi yang dikonsumsi, berdasarkan spesiesnya kopi dapat dibedakan dalam tiga jenis, yaitu Arabika, Robusta atau Canephora dan Liberika.
Jenis Kopi dan Cara pembuatannya
Jenis kopi berdasar pembuatannya./suara.com

Nusantaratv.com - Bagi orang yang hobi minum kopi berkafein, sehari tidak menyeruput secangkir kopi sepertinya ada yang kurang dan badan terasa begitu lemas. Ini tidak mengherankan bila Anda mengalami kondisi seperti ini, karena tubuh Anda sudah kecanduan dan mau tidak mau Anda pun harus segera mengonsumsinya.

Disaat Anda minum kopi, pernahkah terpikir kopi jenis apa yang sedang anda minum? Akan sayang sekali jika kopi yang Anda sesap berlalu begitu saja tanpa Anda ketahui apa jenisnya.

Ada tiga jenis kopi di dunia ini berdasar jenisnya. Dan dari ketiga jenis kopi ini, masing-masing memiliki keunikan rasa tersendiri. Kopi sudah menjadi minuman yang digandrungi oleh khalayak di penjuru bumi. Oleh karenanya, betapa akan lebih mengasyikan jika saat kita minum kopi sambil mengetahui jenis kopi dan cara pembuatannya.

BACA JUGA : Kopi-Kopi Mahal Dunia, Ada Yang Dibanderol Rp 15 juta per Kilogram!

Dari berbagai nama kopi yang dikonsumsi, berdasarkan spesiesnya kopi dapat dibedakan dalam tiga jenis, yaitu Arabika, Robusta atau Canephora dan Liberika.

Di Indonesia, ketiga jenis kopi ini ada yang dapat tumbuh di dataran rendah dan juga di dataran tinggi. Kopi di Indonesia biasa dilabeli berdasar daerah kopi itu berasal. Sebagai contoh, kopi-kopi yang ada di Indonesia, ada Kopi Gayo, Sidikalang, Mandailing, Java preanger, Kintamani, Toraja, Bajawa, Wamena dan masih banyak lagi.

Adapun menurut cara pembuatannya hingga menjadi minuman. Minuman kopi dibagi menjadi dua, espresso based dan manual brew.

Minuman kopi jenis espresso umumnya dibuat menggunakan alat atau mesin otomatis. Sementara minuman kopi yang dibuat dengan mengandalkan tangan dan tenaga manusia disebut dengan manual brew.

Beberapa jenis espresso based yang populer:

  •     Espresso.
  •     Americano.
  •     Cappuccino.
  •     Latte.
  •     Affogato.

Beberapa jenis manual brew yang populer:

  •     Moka pot.
  •     Rok presso.
  •     Kopi tubruk.
  •     Pour over.
  •     Vietnam drip.

BACA JUGA : Unik! Proses Pembuatan Kopi Brazil Dibantu Semut

Kini Anda tidak sekadar mendapatkan kenikmatan ngopi saja, melainkan juga mendapat pengetahuan tentang seluk beluknya dan mengenal serta memahami jenis-jenis kopi serta aneka istilah di dunia perkopian. Semoga bermanfaat.

Sumber: sasamecoffee.com

 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0