Belalang Goreng, Kuliner Khas Gunung Kidul

Bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke suatu daerah, salah satu yang dicari tentu kuliner khas daerah tersebut. Indonesia memiliki anekaragam kuliner di setiap daerahnya. Hal tersebut menciptakan beragam jenis kuliner yang siap untuk memanjakan lidah para wisatawan yang datang. Keunikan kuliner menjadi nilai tambah bagi daerah tujuan wisata. Seperti Gunung Kidul memiliki kuliner khas, Belalang Goreng.
Belalang Goreng, Kuliner Khas Gunung Kidul
Belalang goreng menjadi kuliner khas gunung kidul./gemala.me

Nusantaratv.com - Bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke suatu daerah, salah satu yang dicari tentu kuliner khas daerah tersebut. Indonesia memiliki anekaragam kuliner di setiap daerahnya. Hal tersebut menciptakan beragam jenis kuliner yang siap untuk memanjakan lidah para wisatawan yang datang. Keunikan kuliner menjadi nilai tambah bagi daerah tujuan wisata. Seperti Gunung Kidul memiliki kuliner khas, Belalang Goreng.

Yogyakarta sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa memiliki berbagai macam masakan khas di setiap kabupatennya. Di Kabupaten Gunung Kidul yang sedang populer adalah kuliner belalang goreng. Karena unik dan tidak biasa, banyak wisatawan yang penasaran dan kemudian mencicipi panganan ini. Karena banyaknya yang menyukai kuliner ini banyak warga yang memproduksi belalang goreng dan menjualnya baik di toko maupun di pinggir-pinggir jalan.

BACA JUGA : 8  Jenis Martabak Telur dan Cara Pembuatannya

Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat bahkan dianggap sebagai hama bagi para petani. Namun warga Gunung Kidul dengan keterbatasan yang ada berhasil berinovasi untuk menciptakan makanan khas yang bahan bakunya mudah di cari di daerah mereka, tentu saja lezat serta unik.

Walaupun belum seterkenal gudeg, belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul yang mulai mencuri perhatian seiring banyaknya warga yang mengolah belalang menjadi lauk yang lezat. Penjual belalang goreng banyak dijumpai di sepanjang perjalanan menuju tempat-tempat wisata di Gunung Kidul. Mereka biasanya berjualan dengan kios-kios kecil.

1 / 4
Selanjutnya