Krisis Oksigen, Dalam Sehari 3.689 Warga India Meninggal Akibat Covid-19

Pengadilan mengancam akan menghukum pejabat yang tak mampu memasok oksigen ke rumah sakit

Kekurangan oksigen menyebabkan angka kematian akibat covid-19 di India meningkat tajam/ist

New Delhi, Nusantara TV-Dampak pandemi covid-19 di India semakin memburuk. Akibat pasokan oksigen terkendala, dalam sehari 3.689 warga India meninggal dunia akibat covid-19. 

Meski relatif turun namun penambahan kasus positif covid-19 masih sangat tinggi. Dilaporkan pada Minggu (2/5/2021) terjadi penambahan  392.488 kasus positif covid-19 di India.

Meningkatnya angka kematian akibat covid-19 di India disebabkan banyaknya rumah sakit yang kekurangan tempat tidur hingga pasokan oksigen.

Banyak warga sampai harus memohon kepada pihak rumah sakit untuk menyediakan tempat tidur untuk menyelamatkan keluarga mereka yang terinfeksi covid-19.

Sementara itu, kamar mayat dan banyak krematorium membludak.

Baca juga: Mengerikan, Kasus Harian Covid-19 di India Tembus 400.000

Sulitnya pemerintah mempertahankan stabilitas pasokan oksigen membuat beberapa otoritas rumah sakit meminta intervensi pengadilan di New Delhi. Mereka meminta pengadilan memberlakukan sanksi kepada para pejabat.

Seiirng dengan tuntutan tersebut, Pengadilan di New Delhi, India akan memberlakukan sanksi kepada para pejabat pemerintah yang gagal mengirimkan pasokan oksigen ke banyak rumah sakit usai angka kasus harian melonjak drastis beberapa waktu belakangan.

"Ini sudah melampaui batas. Cukup, cukup," kata Pengadilan Tinggi Delhi dikutip dari detik.

"Kami tidak bisa membiarkan orang sekarat," kata Hakim Vipin Sanghi dan Rekha Patil.

Guna mengatasi kelangkaan oksigen, pemerintah India sampai menggunakan kereta api, hingga mengerahkan tentara Angkatan Udara dan Angkatan Laut untuk membawa tanki-tanki oksigen yang dibutuhkan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK