KRI Nanggala 402 Tenggelam ke Dasar Laut

Hal itu disimpulkan usai melihat sejumlah bukti otentik, antara lain adanya tumpahan minyak dan temuan barang-barang milik kru

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto/ist

Bali, Nusantara TV-Setelah proses pencarian selama kurang lebih tiga hari terhitung mulai Rabu (21/4/2021), kapal selama KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan Bali, diduga tenggelam ke dasar laut.

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. 

“Unsur-unsur TNI AL menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang jadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala. Detailnya nanti dijelasknan KSAL terkait isyarat yang ketiga yaitu subsunk,” kata Panglima TNI, Sabtu (24/4).

Baca juga: Kapal Selam KRI Nanggala Hilang Kontak!

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menambahkan, tim pencari menemukan tumpahan minyak di sekitar lokasi kejadian. Kemudian ada pula beberapa puing dari KRI Nanggala-402, termasuk barang-barang milik ABK. Atas dasar itu, KRI Nanggala-402 terindikasi diyakini sudah memasuki fase tenggelam.

“Saat ini kita isyaratakan dari submiss (hilang) menuju fase subsunk (tenggelam). Kita tingkatkan menuju subsunk. Kita akan siapkan evakuasi medis terhadap ABK yang kemungkinan selamat,” kata Yudo.

Diketahui, kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan dekat Bali pada Rabu (21/4). TNI AL memastikan jika KRI Nanggala-402 dalam keadaan layak menyelam. Kapal buatan Jerman pada tahun 1979 ini membawa 53 orang. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK