KPID DIY-Kanwil Kemenag Kerja Sama Hadirkan Penceramah Kompeten

Langkah ini mencegah radikalisme dan intoleransi

Pertemuan KPID DIY dengan Kanwil Kemenag DIY. (KR Jogja)

DIY, Nusantaratv.com - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjalin kemitraan dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY guna menghadirkan penceramah keagamaan yang kompeten.

Kerja sama ini sebagai upaya mencegah berkembangnya paham intoleran dan radikalisme, melalui ceramah keagamaan yang ada pada lembaga penyiaran.

"Kami sering mendapat aduan terkait konten ceramah keagamaan yang kurang pas disampaikan melalui lembaga penyiaran baik televisi, radio dan radio komunitas. Jadi kami pikir sangat penting untuk berkoordinasi dengan Kemenag karena yang memiliki tupoksi terkait dengan penceramah ini," ujar Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID DIY, Noviati Roficoh kala audiensi dengan Kakanwil Kemenag DIY, Rabu (14/4/2021). 

Turut hadir Komisioner KPID DIY yang terdiri dari Dewi Nurhasanah (Ketua), Yohanes Suyanto (Korbid PS2P) dan Febriyanto (Anggota Bidang PS2P). Mereka diterima secara langsung Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan, dan jajaran.

Menurut Noviati, data penceramah
baik Islam maupun agama lainnya, yang pihaknya terima dari Kanwil Kemenag DIY, nantinya akan diteruskan ke puluhan lembaga penyiaran di wilayah tersebut.

Sehingga, diharapkan lembaga penyiaran tak kesulitan mencari penceramah program siaran keagamaan yang sudah memiliki kompetensi.

Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan, menyambut baik sinergi dengan KPID DIY, apalagi kerja sama seperti ini disebut baru pertama kali dilakukan. 

Edhi menilai, tujuan yang ingin dicapai KPID DIY melalui lembaga penyiaran selaras dengan maksud Kemenag untuk membangun ukhuwah tanpa perpecahan.

Serta membina persaudaraan di antara umat beragama dan manusia di Indonesia.

"Kami sudah bekali ratusan penyuluh agama di Kanwil Kemenag DIY ini dengan berbagai pengetahuan untuk dapat mengantisipasi disintegrasi yang bersumber dari ajaran keagamaan," tutur Edhi.

Kanwil Kemenag DIY sendiri senantiasa melakukan peningkatan kompetensi penyuluh agama. Sehingga daftar penceramah yang mereka berikan kepada KPID DIY, kapasitasnya tak perlu diragukan lagi. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK