Disamping Minum Obat, Lakukan Ini Untuk Redakan Batuk

Pada dasarnya, batuk adalah sebuah bentuk sistem pertahanan saat tubuh mendeteksi adanya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing yang biasanya berupa kuman dari tubuh.
Disamping Minum Obat, Lakukan Ini Untuk Redakan Batuk
Minum teh hangat dicampur madu dapat membantu meredakan batuk./beautynesia.id

Nusantaratv.com - Pada dasarnya, batuk adalah sebuah bentuk sistem pertahanan saat tubuh mendeteksi adanya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing yang biasanya berupa kuman dari tubuh.

Batuk sesekali diperlukan untuk menjaga saluran pernapasan menjadi lebih lembap, namun batuk yang tak kunjung sembuh dapat menganggu aktivitas dan menimbulkan efek samping berbahaya.

Jika sudah minum obat setiap hari tapi batuk masih tak kunjung sembuh? Coba lakukan juga cara-cara ini agar batuk cepat reda dan tetap bisa tidur dengan nyenyak tanpa terganggu!

Minum Teh dan Madu

  • Secangkir teh hangat dapat mengurangi dahak dan membuka jalan udara saat batuk. Tambahkan juga satu atau dua sendok makan madu untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Bersihkan Tempat Tidur

  • Jangan remehkan debu dan kotoran yang ada di tempat tidur Anda. Bisa jadi itulah yang membuat batuk tak kunjung sembuh. Ganti seprai secara teratur dan selalu bersihkan tempat tidur dari debu yang bisa membuat iritasi saluran napas.

Menghirup Uap Air Panas

  • Isi baskom dengan air panas lalu hirup uapnya. Kelembapan udara panas akan melegakan pernapasan serta mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru. Teteskan sedikit minyak kayu putih untuk membantu proses tersebut.

Hindari Makanan Manis dan Berminyak

  • Ketika batuk sebaiknya hindari makanan dan minuman manis sebab gula akan membuat tenggorokan Anda makin gatal. Sementara itu, makanan berminyak juga bisa memperparah kondisi karena merangsang produksi lendir pada tenggorokan.

Tinggikan Kepala

  • Saat tidur, tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi 10-15cm. Tidur dalam kondisi seperti ini membantu meredakan tekanan sinus, membuat Anda lebih mudah bernapas, dan tidak memicu ‘’gatal” di tenggorokan. (cosmopolitan.co.id)


Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0