KNKT Minta Masyarakat Tak Duga-duga Sebab Jatuhnya Sriwijaya Air

Doa dan harapan disampaikan Jun Bintang

Jakarta, Nusantara TV - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono meminta masyarakat tak berasumsi tentang penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. 

Sebab, KNKT hingga kini masih terus melakukan investigasi.

Baca juga: Pandemi Sebabkan Angka Kelahiran Turun 

Menurut Soerjanto, KNKT sejauh ini belum mendapatkan kesimpulan penyebab kecelakaan, lantaran masih membutuhkan data yang lebih lengkap.

"Pada saat ini untuk tidak membikin asumsi-asumsi atau perkiraan-perkiraan mengenai penyebab dari kecelakaan, karena datanya masih jauh dari kurang," ujar Soerjanto dalam jumpa pers virtual, Rabu (10/2/2021). 

KNKT sendiri masih terus mencari cockpit voice recorder (CVR) pesawat yang belum ditemukan. CVR dibutuhkan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai penyebab jatuhnya pesawat.

CVR merupakan bagian lain dari blackbox pesawat yang merekam percakapan pilot di ruang kokpit. Kotak itu disebut paling tahan benturan dan tahan panas hingga suhu 1.000° C selama 1 jam.

Adapun KNKT masih menggunakan data yang dimiliki dari flight data recorder (FDR) dan sejumlah komponen pesawat, sebagai bahan analisis penyebab jatuhnya pesawat.

"Sehingga hal ini masih butuh waktu untuk mengungkap kenapa terjadi seperti ini, seperti itu. Kita tidak bisa menjawab (penyebab jatuhnya pesawat) dengan data-data yang ada saat ini," tandas Soerjanto.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK