Ukraina Berharap Dana Pinjaman dari IMF :: Nusantaratv.com

Ukraina Berharap Dana Pinjaman dari IMF

Pemerintah Perdana Menteri Denys Shmygal sebelumnya mengatakan pihaknya memperkirakan kesepakatan IMF senilai $ 5 miliar
Ukraina Berharap Dana Pinjaman dari IMF
(Bisnis.com)

Nusantaratv.com- Ukraina mengharapkan untuk menerima tahap pinjaman pertama dari kesepakatan Dana Moneter Internasional (IMF) baru dalam satu atau dua minggu meskipun ukuran total dari program ini masih diselesaikan, seorang pejabat presiden mengatakan kepada Reuters pada Kamis (14/5/20).

Parlemen meloloskan RUU perbankan pada hari Rabu, membersihkan rintangan terakhir untuk kesepakatan IMF baru untuk mendukung ekonomi Ukraina saat itu meluncur ke dalam resesi yang disebabkan oleh pandemi coronavirus.

Yulia Kovaliv, wakil kepala kantor Presiden Volodymyr Zelenskiy, mengatakan melalui telepon bahwa pengesahan RUU dan langkah-langkah lain adalah "bukti nyata bahwa ada komitmen besar untuk melanjutkan reformasi" di Ukraina.

Pemerintah Perdana Menteri Denys Shmygal sebelumnya mengatakan pihaknya memperkirakan kesepakatan IMF senilai $ 5 miliar, tetapi Kovaliv mengatakan angka yang tepat dan jadwal untuk mencairkan pinjaman akan diselesaikan minggu depan.

RUU perbankan mencegah mantan pemilik bank bangkrut untuk mendapatkan kembali aset mereka. Hal ini terutama dilihat sebagai ditujukan terhadap kepentingan Ihor Kolomoisky, yang dulu memiliki pemberi pinjaman terbesar Ukraina, PrivatBank.

PrivatBank dinasionalisasi pada tahun 2016 di tengah tuduhan, dibantah oleh Kolomoisky, bahwa praktik pinjaman yang curang telah meninggalkan lubang $ 5,5 miliar dalam keuangannya. 

Dia telah berjuang secara hukum lama melawan pemerintah untuk memenangkan kembali atau menerima kompensasi.

Bagian RUU itu tampak tidak pasti ketika anggota parlemen, termasuk beberapa yang dulu bekerja untuk Kolomoisky, mengajukan lebih dari 16.000 amandemen. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0