Kendaraan Tanpa Sopir Diuji Coba di Inggris

Kendaraan Tanpa Sopir Ini Tidak Dibiarkan Lepas di Jalan Umum Sama Sekali Tanpa Bantuan.

Inggris uji coba kendaraan tanpa sopir. (Visordown)

Nusantaratv.com - Sebuah program untuk menguji kelayakan kendaraan tanpa sopir atau mobil otonom akan dimulai di Birmingham, Inggris. Armada kendaraan itu akan beroperasi mulai pekan ini.

Mobil otonom ini akan memulai pengujian di jalan di Birmingham pada pekan ini, saat perusahaan teknologi asal Inggris, Oxbotica, meluncurkan Project Endeavour.

Mobil otonom itu akan beroperasi antara pusat kota dan Bandara Internasional Birmingham di sepanjang A45. Rute ini akan memungkinkan mobil untuk melewati pusat bisnis dan perumahan, bundaran, lampu lalu lintas dan persimpangan.

Uji coba Project Endeavour akan menampilkan empat kendaraan Ford Mondeo yang dilengkapi dengan LiDAR, radar, dan kamera stereo serta terintegrasi dengan platform perangkat lunak otonomi Oxbotica. 

Mobil-mobil tersebut tidak dibiarkan lepas di jalan umum sama sekali tanpa bantuan, pengemudi terlatih akan berada di dalam kendaraan setiap saat untuk mengambil alih kendali jika diperlukan.

Wakil Presiden Senior di Oxbotica dan Direktur Proyek Endeavour, Dr Graeme Smith, mengatakan Project Endeavour adalah proyek penelitian satu-satunya yang memungkinkan pihaknya mempelajari tentang tantangan dalam menyebarkan kendaraan otonom di beberapa kota di Inggris, ini merupakan bagian penting untuk dapat menerapkan layanan dengan aman dan dalam skala besar. 

"Tahap proyek mobilitas ini merupakan langkah baru bagi kami, karena Birmingham menjadi lokasi armada kendaraan otonom kami untuk pertama kalinya di lingkungan kehidupan nyata, dan ada antusiasme yang sangat besar dari otoritas lokal di perusahaan terbesar kedua di Inggris itu," ujarnya, dikutip dari Visordwon, Selasa (15/6/2021).

Sejauh ini, kata dia, Project Endeavour telah menjadi upaya kolaboratif yang nyata, membawa semua orang ke dalam diskusi, dari otoritas lokal hingga kelompok keselamatan jalan, penyedia transportasi, dan, yang paling penting yakni masyarakat umum.

Kabar mengani uji coba tersebut akan menjadi perhatian banyak pengendara sepeda motor karena IAM RoadSmart menemukan 60 persen pengguna jalan merasa mobil yang dapat mengemudi sendiri adalah 'ancaman serius terhadap keselamatan jalan.'

"Teknologi kendaraan otonom dan otomatis menjadi bagian integral dari kendaraan sehari-hari dan meskipun memiliki kapasitas untuk meningkatkan keselamatan di jalan, kemampuannya harus dipahami sepenuhnya untuk memastikan kita tidak terlalu mengandalkannya," ungkap Direktur IAM RoadSmart, Neil Greig.

"Ketergantungan yang berlebihan pada sistem ini, dan kurangnya pelatihan tentang cara menggunakannya, dapat memiliki efek negatif, dengan hasil yang berpotensi mengkhawatirkan bagi pengendara dan pejalan kaki," tukasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK